Yamaha Nouvo, Tampangnya Modern Karena Pakai Injeksi Lho!

Motorplus - Sabtu, 2 Agustus 2014 | 19:07 WIB

Tau kan Yamaha Nouvo generasi pertama atau yang lebih dikenal dengan Nouvo lele? Itu tuh skubek garputala bermesin 115 cc yang moncongnya kayak lele. Awas kepatil cuy. Dulu Nouvo lele sempat jadi idola. Namun, sekarang mungkin kurang begitu diminati lagi lantaran sosoknya yang sudah ketinggalan jaman.

Eit, nanti dulu! Itu tidak berlaku bagi Albi, karyawan sebuah BUMN di Jakarta Selatan. Di garasi rumahnya di bilangan Lenteng Atas Selatan 3, Saharjo, Kuningan, Jakarta Selatan, Albi masih menyimpan sebuah Nouvo lele yang kini dianggap istimewa. Tapi, bukan pada tampilannya yang sengaja dipertahankan bentuk orisinil.

Sebab kalau dilihat sekilas, tak ada perubahan drastis pada baju Nouvo lele Albi ini. Paling hanya cat orange menyala, ditambah sedikit variasi aftermarket seperti velg TK, sokbreaker belakang Kayaba, cover CVT, dan swing arm yang dilapis nuansa chrome. Mesin pun terlihat masih kayak standar pabrik.

Tapi, coba deh tengok sistem pemasok bahan bakarnya. “Sudah diubah jadi sistem injeksi. Dicangkok pakai punya Yamaha Mio J. Mulai throttle body, sensor-sensor injeksi, magnet, ECU, boks filter dan part pendukung lainnya,” beber Albi yang berambut ikal.

Proses penjejalan part injeksi Mio J butuh penyesuaian yang terbilang cukup rumit. Seperti penempatan beberapa sensor yang harus dibuat dudukan baru. Terutama, braket dibikin untuk sensor O2 dan temperatur oli.

Oh iya, karena piston sudah diganti pakai punya Sonic berdiameter 54 mm. Jadinya kapasitas silinder naik 132,5 cc. Injektor pakai tipe yang daya semprotannya lebih banyak. Pilihannya injektor Yamaha V-ixion. “Kalau pakai injektor standar Mio J, mesin suka brebet-brebet, kayak tekor. Makanya saya ganti pakai milik V-ixion,” jelas Albi.

Hasilnya, “sekarang jadi kencang dan lebih irit nih. Dites bolak balik Jakarta-Puncak boncengan, hanya habis 2 liter. Top speed tembus 130 km / jam,” tutup Albi yang telah merogoh kocek Rp 4 jutaan untuk ubahan ini. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban depan : Duro 200 x 17”

Ban belakang : Duro 225 x 17”

Pelek depan/blkg  : TK 160x17 / 180x17”

Knalpot: Standar

Puli depan: LHK

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular