Roberto Marchionn, Airbrusher Balap Dunia yang Karyanya Ada di MotoGP dan WSBK

Motorplus - Selasa, 12 Agustus 2014 | 11:49 WIB

Beberapa karya yang sudah mendunia

Wajar sih Roberto enggak populer di balapan dunia. Dia memang bukan pembalap atau mekanik top di dunia balap motor paling yang terkenal itu. Namun, hasil karya pria asal Italia ini sangat mudah dijumpai tiap kali event MotoGP dan WSBK berlangsung.

Faktanya Roberto Marchionni pendiri sekaligus pemilik Starline Design (SD). SD bidang usaha desain dan airbrush. SD diawali tahun 1987 di kota kecil Italia yang bernama Pesaro. Meskipun berbasis di sebuah kota kecil, hasil produk dari SD sudah tersebar di seluruh penjuru dunia. Terutama di balapan motor dunia.

Roberto lewat SD mulai mendesain helm pembalap MotoGP pada tahun 2000. Waktu itu Juara Dunia GP125 tahun 2000, Roberto Locatelli, jadi pembalap yang menikmati desain airbrush helm dari SD. Setelah Locatelli, Roberto mulai ditarik untuk mengairbrush pelindung kepala Manuel Poggiali, Marco Simoncelli hingga Valentino Rossi.

Totalnya, sampai sekarang pembalap MotoGP yang sudah memanfaatkan desain dan airbrush Roberto, Jorge Lorenzo, Nicky Hayden, Andrea Dovizioso, Andrea Iannone, Pol dan Aleix Espargaro bersaudara. Sedangkan di kelas Moto2 dan Moto3, di antaranya yang menggunakan jasa Roberto adalah Julian Simon, Simone Corsi, Alex de Angelis, Andrea Locatelli dan Jack Miller.

Langsung dikerjakan Roberto

Kelebihan rancangan Roberto bukan cuma dari tema dan grafisnya yang mewabah di eranya. Tapi juga, karya Roberto sangat kuat dengan karakter pembalapnya. Maksudnya, ada simbol-simbol pribadi si pembalap dibikin di helm.

Selain mendesain helm, SD juga mendesain beberapa livery team alias warna di motor MotoGP dan WSBK. Livery Forward Racing musim ini untuk kelas MotoGP dan livery tim Ducati Superbike juga mendapatkan sentuhan Marchionni. Di masa lalu Marchionni juga sempat mendesain livery Ducati 848 special edition Nicky Hayden yang diluncurkan pada tahun 2010.

Hebatnya lagi, Roberto-lah yang langsung merancang dan mengecat beberapa orderan helm pembalap dunia. Jadi, dia bukan cuma bos! (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular