Modifikasi Kawasaki D-Tracker 150, Tampangnya Kental Aura KXF 250

Motorplus - Sabtu, 6 September 2014 | 17:07 WIB

Caption

Kawasaki D-Tracker 150 memang punya perawakan supermoto mungil. Makanya, Fathul Mughni langsung merombak tunggangannya untuk diubah bergaya supermoto ‘real’ layaknya special engine (SE). Lewat cara ini, D-Tracker tampil lebih gagah. Dan pastinya, sesuai dengan postur tubuh Fathul yang tinggi.

Masih tetap ingin menjunjung tinggi brand Kawasaki, Fathul pun melirik bodi set KFX 250. Baginya, bodi ini sangat cocok menggantikan bodi set bawaan pabrik. Tapi, justru ini letak permasalahannya. Bodi KFX 250 besar, sedangkan basis motor kecil.

“Musti pandai-pandai memadukan part dengan motor, supaya nanti jatuhnya masih tetap terlihat gagah bukan mungil lagi. Solusinya ya musti pakai fitting,” buka Dana Prasetya yang kebagian merombak tampang D-Tracker.

Kesulitan yang pertama dirasa Dana, ada di bagian perpaduan bodi dan frame yang terlalu kecil. Selain itu, jarak wheel base juga sempit lantaran swing arm pendek. Musti putar otak untuk pemasangannya nih!

“Untuk dapat posisi sayap tangki yang pas, tangki D-Tracker standar musti diubah lebih pendek dan lebih sempit lagi. Ubahan itu dilakukan untuk mengejar supaya bisa meniru bentuk asli KFX,” terang Gondezh panggilan akrab Dana sang builder dari GDZH Custom Cycle (GCC) asal Jombang, Jawa Timur.

Selain tangki, bagian jok dan bodi belakang juga musti ditata ulang supaya pemasangan benar-benar pas dan enak dilihat. Pemasangan deltabox pun dirasa perlu untuk membikin gagah tunggangan. Untungnya, deltabox variasi sudah terjual bebas untuk KLX dan D-Tracker dari bahan alumunium.

“Swing arm diganti dengan milik Suzuki DR300 yang lebih panjang dan kekar. Pemasangannya musti mengubah lubang as yang di rangka. Selain itu teromol pun digeser ke kiri sekitar 1,5 cm supaya enggak kena rantai,” jelas Dana. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban depan         : Pirelli 120/60-17

Ban belakang         : Pirelli 160/80-17

Pelek depan         : TK 3,00x17

Pelek belakang         : TK 5,00x17

GDHZ             : 0818-0303-0093

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular