Atasi Key Shutter Mendadak Macet

Motorplus - Jumat, 8 Mei 2015 | 11:30 WIB

Macet karena magnet di kunci amblas

Pasti kesel juga waktu lagi terburu-buru, eh motor yang mau digas bikin masalah. Seperti yang terjadi pada Honda Supra X 125 PGM-Fi lansiran 2006 besutan M. Alfi. “Waktu dipakai kerja, maksud hati pingin motor aman dengan mengaktifkan secure key shutter-nya (SKS). Eh, ketika motor mau dibawa lagi, SKS-nya nggak bisa dibuka,” tutur warga Bekasi, Jawa Barat. Biar bisa jalan lagi pastinya wajib atasi key shutter mendadak macet.

Karena bingung atasi key shutter mendadak macet, Alfi coba kontak bengkel AHASS langganannya di daerah Bekasi. “Wah, SKS macet itu bisa jadi karena magnet kombinasi yang ditanam pada anak kunci (di pegangan plastiknya, red), terdorong lapisan besi rumah SKS.

Papas plastik tempat magnet pakai kikir sekitar 1 mm

Mungkin dorongnya terlalu kuat tuh saat mengaktifkannya. Soalnya, makin tua usia pemakaian, bahan plastik pada anak kunci jadi rapuh. Akibatnya, magnetnya gampang mendem,” analisa Ucok, kepala bengkel AHASS Tunas Dwipa Matra di Jl. Caman Raya, Bekasi. Trus, gimana dong solusinya?

“Gampang! Coba tipisin saja pantat kunci yang ada magnetnya pakai kikir. Jangan banyak-banyak, cukup 1 mm saja. Kalo kebanyakan, magnetnya bisa copot,” saran Ucok. Eh, benar saja. Ketika langkah itu dilakukan, SKS Supra X 125 miliknya langsung bisa dibuka. Berarti ampuh nih cara atasi key shutter mendadak macet(www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular