Yamaha DT Untuk Balap Grasstrack dan Tampilan Pun Oke

Motorplus - Kamis, 18 September 2014 | 13:00 WIB

Balapan grasstrack selalu banyak peminatnya. Makanya event juga bererot (banyak, red). Membuat Jajang Mohamad Ridwan coba terpikat ikut terjun. Berbekal motor lawas Yamaha DT jebolan 1982, lantas coba dipermak ulang tampilannya agar bisa kompetitif di ajang garuk tanah.

“Awalnya, sempat miris juga lihat kondisi awal motor DT yang ca’ur (berantakan) teronggok di gudang. Dari pada jadi rongsok, saya putuskan dimodifikasi saja jadi motor grasstrack. Sekalian buat didisplay untuk maskot toko,” ujar Jajang yang juga pemilik toko variasi JMR Custom Decal di kawasan Ciawi, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Pengerjaan modifikasi diserahkan ke bengkel ND Junior (NDJ) yang berada di Jl. Pager Ageung 179, Tasikmalaya. Bengkel yang dikomandani oleh Ade Abdurahaman ini memang kerap mendapat pesanan untuk memodifikasi motor untuk ajang balap garuk tanah.

Agar kuat disiksa di lintasan, sok depan orisinil diganti pakai punya Honda CR 125 lawas, yang dipadukan dengan pengereman milik Kawasaki KLX 150.Sedang bagian belakang, peredam kejut bawaan asli digusur sok Kayaba model tabung, agar bisa memberi rebound sempurna di medan off-road.

Pelek dan ban pun turut digarap. “Sebelumnya, DT ini pakai pelek dan ban ukuran 21 inci di bagian depan dan 18 inci di belakang. Nah, saya ganti jadi 19” untuk depan dan 16” belakang agar handling lebih mudah untuk bermanuver,” papar mekanik yang lebih sering disapa Nde ini.

Mesin pun turut dikorek agar mampu mengimbangi lawannya di kelas FFA. Kapasitas silinder dinaikkan jadi 130 cc yang didukung karbu Keihin PWK berventuri 38 mm. Hasilnya, “Saat ikut grasstrack beberapa waktu lalu di Sumedang, motor ini mampu mendapat posisi ke-5. Bertarung dengan pembalap kenamaan seperti F Chimon dan Tommy MJ,” bangga Enjang.

Wah, tua-tua keladi nih! (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban depan     : IRC 70/100-19

Ban belakang     : IRC 90/100-16

Pelek         : Excel

Cakram depan     : KLX 150

Cakram blkg     : KLX 150

Knalpot     : Yamaha YZ 125

Sok depan     : Honda CR 125

Sok belakang     : Kayaba

Lengan ayun     : Custom

Karbu         : PWK

NDJ         : 085223667705

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular