Setingan Bisa Balap dan Harian CBR 250R

Motorplus - Sabtu, 20 September 2014 | 13:15 WIB

Belakangan, kian marak motor dual purpose di kelas sport 250 cc. Maksudnya dual purpose di sini bukan motor yang bisa diajak trabas tanah dan aspal. Melainkan maknanya bisa kenceng dipake balap, bisa juga buat harian. Nah, konsep itu yang diaplikasi Honda CBR 250R milik Adriyan.

Untuk menyiasati itu, bengkel BEB One di Jakarta Barat yang dipercayakan menggarap pun terapkan beberapa setingan fun race. Perbandingan rasio kompresi mesin dibikin 12,3:1 untuk nenggak Pertamax Plus. Didapat dari hasil pemapasan pantat blok silinder sebanyak 0,2 mm. “Paking atas (head) dan bawah masih pakai standar. Mendem bibir piston ke ujung liner jadi sekitar 0,8 mm. Pistonnya sendiri masih tetap pakai bawaan motor,” terang Fahrurrozy, owner sekaligus tuner BEB One yang nengok dipanggil Ozy.

Selanjutnya noken as dikustom ulang. Durasi bagian in dibikin 284 dan ex 278. “Klep masih pakai standar. Kerenggangannya diset 0,20 mm (in) dan 0,25 mm (ex) lewat pemakaian shim klep setebal 1,85 mm (in) dan 1,90 mm (ex),” jelas Ozy.

Trus, buat mengkail udara lebih dan memperlancar pembuangan gas sisa, saluran in dan ex di-porting sekitar 0,83 mm. Namun, gerusnya enggak sampai halus. Itu agar campuran gas lebih homogen. “Ini menghindari pasokan bahan bakar mengembun dan terlalu cepat masuk ke ruang bakar. Karena, efeknya kurang bagus juga,” jelasnya.

Urusan seting ulang sistem injeksinya, Ozy berkolaborasi dengan Wahyu Saputra. “Tanpa aplikasi piggyback maupun ECU aftermarket, setingan bisa menyamai keduanya,” bangga Wahyu. Gimana caranya tuh, bro? Buat ngatur debit bahan bakar, ia siasati dengan menggeser Throttle Position Sensor (TPS) di TB. Sedang buat mancing pasokan udara deras, koin bagian belakang TB dicopot. Jadi, hanya pakai satu katup. Nah, untuk mengarahkan flow-nya, di moncong TB dipakaikan velocity stack.

Karakter power yang dihasilkan ubahan tadi, cenderung ganas di rpm bawah hingga tengah. “Mengimbangi atasnya, dibantu setingan leher knalpot oleh Stanlee Muffler,” jelas Ozy yang bengkelnya di Kampung Baru Jl. Pahlawan II No. 46, Pos Pengumben, Jakarta Barat. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Knalpot     : Stanlee Muffler

Setang         : Nui Racing

Ban         : BT92 160/60-17

Sok depan     : Kustom

BEB One     : 0812-9321-6446

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular