Awas, Berbahaya Ganti Sikring Dengan Lilitan Kabel Tembaga. Kabel Bodi Melepuh Kepanasan.

Motorplus - Jumat, 26 September 2014 | 17:20 WIB

Hubungan Pendek Membuat Rumah Soket Kabel Melepuh Dan Rawan Bakar Kabel Bodi

Raut wajah Anto Hariadi berubah suram. Saat diberikan hasil analisa masalah kelistrikan motornya. “Kabel bodi motor rusak karena hubungan pendek,” kata biker tinggal di bilangan Kedoya Jakarta Barat pada motorplus-online. “Kurang lebih harus siapakan dana 600 ribuan untuk perbaikannya,” kata Alamsyah mekanik bengkel umum tempat Anto memeriksa kondisi motornya. 

Mengapa bisa terjadi. Permasalahnya berawal ketika terjadi hubungan pendek. Sikring pengaman putus. Dan asal diganti dengan lilitan kabel tembaga sebagai penyambung arus. Yang kapasitan tahanannya tidak sesuai rekomendasi pabrik. “Ini sangat berbahaya. Fungsi sikring sebagai pengaman pemutus arus saat terjadi hubungan pendek tidak bekerja,” wanti Muhammad Jaji Service Advisor Yamaha Sarana Jl. H Khafi 1 No 11a Jakarta Selatan.

Bila fungsi sikring tidak bekerja ketika terjadi hubungan pendek. Makan pasti jalur kabel bodi akan rusak karena panas. Seperti terbakar api karena hubungan pendek arus negatif dan bertemu dengan muatan positif bisa menimbukan panas dan percikan api. “Kondisi terparah bisa merusak perangkat elektronik motor. Sebaiknya bila ada kerusakan sikring, ganti sesuai rekomendasi pabrik.” lanjut Kuswanto kepala mekanik Honda Dunia Motor Kebayoran Lama Jakarta Selatan. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular