Upgrade Performa Skubek Suzuki

Motorplus - Kamis, 23 Oktober 2014 | 12:15 WIB

Piston masih bisa dijejali hingga diameter 57 mm

Suzuki Nex FI, masih belum banyak dioprek. Namun, untuk Nex tipe karburator sudah banyak jadi eksperimen korekan harian maupun kompetisi. “Yang paling simpel untuk mengupgrade motor ini adalah melakukan bore up,” terang Arifin alias Ipin mekanik DID’s Motor, di bilangan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Suzuki Nex tipe karburator, memiliki diameter piston 51  mm dan stroke 55,2 mm. “Untuk harian bisa menggunakan piston BeAT diameter 51,5 mm. Ukuran pen pistonnya, sama dengan Nex. Yaitu, 13 mm. Kapasitas jadi bengkak jadi 114,9 cc,” cetus Ipin, bertubuh mungil itu.

Roller bikin lebih ringan 9,5 gram. Bikin enak saat berakselarasi

Jika ingin lanjut pakai piston yang lebih besar, bisa disumpal piston berukuran 54,5 mm  kepunyaan BeAT juga. Dengan piston ini, kapasitas Nex jadi 130 cc. Kalau mau lebih ekstrim lagi, bisa pakai piston 57 mm.

“Masih enak buat harian. Jangan lupa juga mainin bagian CVT-nya. Ukuran roller dibikin lebih ringan. Comot milik Yamaha Mio J atau aftermarket yang berbobot 9,5 gram,” terangnya.

Kalau yang mau turun buat kompetisi 201 meter, bisa tiru saran Utomo yang buka bengkel Tomo Speed Shop di kawasan Bendungan Jago, Jakarta Utara. Nex pacuannya dijejalkan piston berukuraan 56,5 mm. Naik stroke 6 mm. Kapasitas silinder jadi 153,4 cc. “Masih bisa dijejali piston 57-58 mm kok,” jelasnya. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular