Tabung RIS Kawasaki Ninja 150 series Pecah Ganti Punya Nova Dash

Motorplus - Selasa, 11 November 2014 | 06:30 WIB

Pakai punya Honda Nova Dash diklaim anggota komunitas lebih kuat

Di mesin Kawasaki Ninja 150R atau RR, ada sebuah tabung yang dinamai RIS atau Resonator Intake System. Di beberapa kasus, tabung ini sering sobek atau rusak. Efeknya, membuat langsam motor menjadi besar dan putaran mesin susah turun seperti gejala gas tersangkut.

"Fungsi RIS untuk menampung campuran bahan bakar dan udara yang belum terbakar sempurna. Makanya, posisi langsam akan lebih tinggi jika terjadi kebocoran. Sebab, tidak ada kevakuman dan membuat campuran udara terlalu kaya," ucap Deni Setiade alias Ude, kepala mekanik Kawasaki Berkat Asia Pacifik di Jl. Mampang Prapatan Raya No. 32, Mampang, Jakarta Selatan.

Kebocoran ini cukup banyak penyebabnya. Paling sering, bocor atau pecah pada area sambungan ke tabung. Cukup wajar terjadi, karena tabung ini ikut kembang kempis tertarik dan terdorong kompresi mesin. Paling rentan, pada motor yang sering dipakai pada putaran mesin tinggi.

Untuk Ninja RR harus dibuatkan braket agar tak mentok fairing

Buat yang sering mengalami kendala tabung RIS bocor pada Ninja 150 series, bisa coba gunakan tabung induksi milik Honda Nova Dash. Perannya sama. Cuma bentuknya saja yang berbeda. Jika di Ninja tabung RIS berbentuk kotak, di Nova Dash bentuknya bulat.

Trik ini sudah banyak digunakan anggota komunitas Ninja 150. Menurut mereka, tabung induksi Nova Dash lebih tebal dan bisa menampung campuran bahan bakar dan udara lebih banyak. Bisa langsung pakai, cuma perlu tambah braket untuk pegangan ke rangka saja. "Kalau tidak dipasangkan braket, akan mentok dengan fairing karena bentuknya bulat. Braket bisa dibikin sendiri dari pelat. Atau bisa juga pakai part pegangan persneling dari isi paket footstep racing," ucap Eka Sefhy, warga Depok Jawa Barat yang sudah terapkan trik ini di Ninja 150 RR miliknya. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular