Kipas Komputer Pengganti Fan Radiator Yamaha Vixion

Motorplus - Kamis, 25 Juni 2015 | 07:20 WIB

Seandainya kipas radiator Yamaha V-ixion generasi awal atau New V-ixion Lightning (NVL) rusak enggak usah bingung. Ada pilihan kipas komputer pengganti fan radiator V-ixion yang rusak. 

Rusaknya kipas radiator V-ixion dialami Rudy Rolend pada NVL 2013. “Kipas radiatornya matot alias mati total. Mesin jadi cepat overheat saat jalanan macet,” tutur warga Jl. Asem Baris, Tebet, Jakarta Selatan ini. Ketika coba dibawa ke bengkel resmi Yamaha, pihak bengkel mengklaim kipas radiatornya jebol dan kudu ganti baru.

Penyebab koit-nya (mati, red) kipas radiator V-ixion itu, belum diketahui. “Gak tau, tiba-tiba gak nyala lagi. Udah coba dijajal dilangsungin ke aki, tetap gak mau nyala. Gue pikir tadinya yang bermasalah adalah thermostat-nya. Kalo cuma thermostat kan harganya gak gitu mahal. Eh, ternyata kipasnya yang jebol. Mungkin korslet terkena air waktu motor dimandiin,” bingung Rudy.

Nah, yang jadi masalah, harga kipasnya itu yang gak nahan. “Di beres (bengkel resmi, red) banderolnya Rp 450 ribu!” tukas Rudy sambil tepok jidat lantaran ada lalat nempel. Wedewww…! Gak heran, kalo barang sekennya jadi buruan. Itu pun banderolnya cuma selisih Rp 100 ribu-Rp 200 ribu dari harga baru. 

Tenang bor, ada cara murah meriah untuk mengakalinya. EM-Plus jadi ingat bro Aldhie asal Jakarta. Ia pernah mengaplikasi extra fan buat dinginin oil cooler di Suzuki Satria F-150 miliknya. Malah kipasnya ada dua buah. Bisa juga tuh diaplikasi buat gantiin extra fan-nya V-ixion.

Aldhie memanfaatkan kipas komputer pengganti fan radiator V-ixion berlabel King Cooler. “Harganya cuma Rp 100 ribuan. Cuma diambil fan-nya saja, trus buat dudukan baru dari pelat aluminium yang disesuaikan dengan dudukan di cooler atau radiatornya. Kedua fan tadi ditempel ke pelat tersebut pakai paku rivet,” terang Aldhie.

Untuk jalur kelistrikannya, bisa memanfaatkan kabel fan radiator yang ada di V-ixion. Tinggal cari plus-minusnya saja. Lebih hemat kan dengan kipas komputer pengganti fan radiator V-ixion? (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular