Penyebab Kabel Gas Atau Kopling Sering Putus

Motorplus - Rabu, 17 Desember 2014 | 17:31 WIB

Ada banyak penyebab kabel gas atau kopling sering putus. Salah satunya, kondisi slang yang rusak. Sebagai pelindung kabel, kondisi slang kerap dilupakan. Padahal, fungsinya sangat penting dan kondisinya bisa dicek dengan mata telanjang.

"Bagusnya, kondisi slang rem harus terpasang lurus tanpa ada bagian yang tertekuk atau patah. Kalau ada bagian yang patah, kemungkinan besar plat didalam karet pelindung juga ikutan rusak. Ini yang bikin kabel gas atau kopling sering putus karena tergerus saat bergesekan," ucap Agus Wijaya, mekanik bengkel Sinar Motor di Jl. Raya Sawangan, Depok, Jawa Barat.

Selain mengecek lekukan pada slang, kondisi karet pelindung juga diperhatikan. Karet yang terkelupas memudahkan air untuk masuk. Efeknya, plat di dalam slang jadi mudah karat yang bikin kabel jadi tersendat. Plat yang karat juga menjadi salah satu penyebab kabel gas atau kopling sering putus.

“Plat yang berkarat tidak bisa dicek dengan mata telanjang. Cara mengeceknya lewat lapisan karet di slang gas atau kopling. Pencet dengan kuku, jika karet sudah keras kemungkinan besar platnya sudah karat dan harus diganti. Untuk mencegahnya, bisa dengan memberikan pelumas pada slang minimal tiga bulan sekali,” tutup bapak dua anak ini.

Itulah beberapa penyebab kabel gas atau kopling sering putus. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular