Bikin Sendiri DB Killer

Motorplus - Kamis, 18 Desember 2014 | 12:47 WIB

Apes jika bertemu polisi iseng dan ditilang karena menggunakan knalpot racing untuk harian. Tapi, ada solusinya nih, beberapa pabrikan knalpot aftermarket sudah menambahkan DB killer di setiap knalpot yang diproduksinya. Selain beli yang aftermarket,  brother bisa bikin sendiri DB killer. Caranya, yuk cekidot!

Pipa yang digunakan untuk bikin sendiri DB killer kita comot dari potongan leher knalpot motor matik yang berdiameter 22-25 mm. “Untuk pemilihan diamter pipa, jangan terlalu kecil. Karena akan mengakibatkan putaran mesin terasa nahan,” jelas Fandy Irawan yang meriset DB killer buatannya pada Honda CBR 150 (old) dengan menggunakan knalpot DBS.

Nah, untuk bagian moncong knalpot, bisa disesuaikan dengan diameter pipa pada ujung silincer yang dipakai. Jangan lupa nih bikin dudukan baut pada bagian moncong silincer, biar gak mudah lepas saat dipakai.

Pada DB killer di bagian tengah silincer, sebaiknya dibikin mengerucut. Hal tersebut dibikin agar gas buang tidak terlalu tertahan. Bikin pipa yang mengerucut bisa dengan cara mempapas pipa atau mencari pipa yang sudah berbentuk kerucut.

Sedangkan panjang DB killer cukup sekitar 11,5 cm saja. ”Sebaiknya DB killer jangan langsung dilas paten dulu. Karena harus dicocokin sama lekukan pipa silincernya,” jelas Fandy, sang air brusher yang juga suka oprek mesin.

DB killer bikinan Fandy ini kira-kira merogoh saku sekitar Rp 50 ribuan saja. Apalagi kalau bisa memanfaatkan pipa bekas, bisa lebih hemat. Hanya ongkos lasnya saja nih. Selamat mencoba bikin sendiri DB killer, sob! (www.motorplus-online.com)

Fandy Irawan : 0878 8736 5111

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular