Yamaha Mio J Jadi Supermoto

Motorplus - Selasa, 20 Januari 2015 | 07:00 WIB

Awalnya, Blacksweet Modification kudu cuztomize pacuan Yamaha Mio J jadi supermoto milik salah satu konsumen Yamaha asal Jawa Timur. Iya, modif untuk di event Yamaha Revs Your Bike ini. Sayangnya, konsumen tersebut alami kendala dan akhirnya diganti dengan konsumen lainnya.

Geger Flashtio yang berdomisili di Pondok Kelapa, Jakarta Timur pun terpilih sebagai konsumen pengganti. Konsumen setia Yamaha ini pun hanya inginkan konsep modif harian. Namun karena part modif sudah disiapkan ala supermoto, akhirnya semplakan Geger pun mendadak  Yamaha Mio J jadi supermoto! He,he,he... Tapi gak apa bro, malah keren tuh jadinya! (www.motorplus-online.com)

BODY

Untuk mengubah  Yamaha Mio J jadi supermoto, Mochamad Sidik sang empunya bengkel yang terletak di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat pun ubah desain bodi bagian depan. Bodi ini mengadopsi gaya Yamaha BWs yang tampil ala supermoto. Bagian body depan dirancang ulang menggunakan fiberglass sebagai bahan utamanya. Selain itu, di bagian body juga ditambahkan besi tubular sebagai aksen penguat.

WARNA

“Warna ini sebenarnya keinginan dari pemilik motor pertama yang ingin meniru warna Chevrolet Sonic layaknya yang ada di film Transfomer. Tapi, warna ungu di Chevrolet Sonic itu kami ubah dengan warna biru sesuai ciri khas dari motor-motor Yamaha,” aku Sidik.

HEADLAMP

Agar tampil beda, headlamp Mio J yang ada di cover setang pun dipindahkan cover depan. “Mika lampunya masih sama dengan bawaan Mio J, tetapi kita ganti bohlamnya pakai punya Pro J,” tambah Sidik.

KAKI-KAKI

Untuk membuat pacuan menjadi lebih tinggi seperti lazimnya supermoto, Sidik mengganti bagian kaki-kaki orisinil Mio J dengan kepunyaan Jupiter MX dan Yamaha X-Ride. “Suspensi depannya pakai punya MX, sedangkan tabung sok belakang comot dari X-Ride. Pelek juga saya ganti pakai ukuran yang lebih lebar. Depan pakai 3 inci, belakang 3,5 inci,” bilangnya.

Menurut Sidik, tantangan terbesar ada dalam pengerjaan kaki-kaki. “Soalnya kita harus geser engine mountingnya. Itu agar ban depan dan belakang simetris dan presisi,” jelas pria ramah ini.

Data Modifikasi

Ban depan : Zeneos 100/80-14

Ban belakang  : Zeneos 120/70-14

Sok belakang  : YSS

Sok depan : Yamaha Jupiter MX

Jok  : Blacksweet Modification

Pelek depan   : TK Japan 3 inci

Pelek belakang : Custom Blacksweet 3,5 inci

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular