Yamaha Mio Sporty Jadi 225 cc Untuk Balapan Malam

Motorplus - Kamis, 22 Januari 2015 | 19:00 WIB

Oki Lesar punya ambisi besar merombak Yamaha Mio Sporty jebolan 2009 miliknya untuk bermain di balap malam 500 meteran. Demi mewujudkannya, penabuh drum di Anak Panah band ini mempercayakan R59-Racing untuk menggarapnya. Targetnya bagaimana Yamaha Mio Sporty jadi 225 cc untuk balapan malam yang disegani.    

Ergus, sang empunya bengkel yang mangkal di Jl. Dewi Sartika No. 32 Ciputat, Tangerang, langsung menyanggupinya. Ia menunjuk Anggi untuk mengerjakannya, maklum doi mekanik handal yang sudah malang-melintang di road race dan di dunia perliaran. "Karena permintaannya sangat jelas mau buat liaran, dibenak gw kayaknya enak juga nih dibikin untuk kelas selembaran," bilang Anggi.  

Untuk Yamaha Mio Sporty jadi 225 cc untuk balapan malam Langkah bore up, sudah pasti dilakukan. Mengandalkan piston Honda CBR 150R os (oversize) 400 keluaran Thailand, diameter 67 mm). Tak cuma itu, juga dikombinasi stroke up dengan mengaplikasi pen stroke berfofset 3 mm (total naik 6 mm, stroke Mio jadi 63,9 mm). Kalai dihitung pakai rumus, kapasitas mesin kini membengkak jadi 225,2 cc. Boringannya pakai punya mesin mobil diesel.

Di head silinder Yamaha Mio Sporty jadi 225 cc untuk balapan malam disematkan klep Toyota Camry berdiameter 34/28 mm (in/ex), labelnya EE5. Profil sudah pasti dicustom ulang. Tapi untuk detail spek part satu ini, masih rahasia. "Yang jelas kompresi mesin diset di angka 12,5 : 1 dengan BBM Pertamax. Itu dengan hanya pakai paking selembar aja nih, bor," beber Anggi. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI :

Ban depan : FDR Drax 40/90

Ban belakang  : Eat My Dust 60/80

Pelek depan   : Takasago Excel 17x1.40

Pelek belakang : Takasago Excel 17x1.60

Sok belakang  : YSS Z Series

Knalpot   : Standar bobokan

Stabilizer    : Kitaco

R59-Racing : 08569137024

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular