Fitur MotoGP di Yamaha R1

Motorplus - Sabtu, 24 Januari 2015 | 17:32 WIB

Yamaha memasang fitur MotoGP di Yamaha R1. Fitur MotoGP di Yamaha R1 ada di tipe YZF-R1M alias menambahkan huruf M setelah kode tipe R1. Motor ini jadi motor sport produksi masal kasta tertinggi buatan produsen berlogo garputala. Cuma diproduksi sebanyak 500 unit di dunia. Makanya, motor ini dipasangkan berbagai fitur wah yang siap memanjakan rider saat menunggang motor spesial ini.

Banyak fitur MotoGP di Yamaha R1. Mulai pemilihan material setiap part, sistem elektronik hingga konfigurasi mesin dibikin sama dengan tunggangan Valentino Rossi di MotoGP. Di mesin, R1M andalkan mesin model crossplane crankshaft. Bukan cuma itu, bahan untuk head silinder dan bak kopling dibuat dengan bahan magnesium yang terkenal ringan. Setang sehernya juga dibuat dengan bahan titanium agar mesin bisa lebih responsif.

Di area kaki-kaki, lengan ayun gunakan bahan aluminium dengan pelek berbahan magnesium. Rangkanya, perpaduan rangka aluminium dengan subframe magnesium yang bikin motor lebih lincah dan lentur saat melibas tikungan. Sensasi berkendaranya akan mirip dengan nunggang YZR-M1 yang dipakai di MotoGP.

Fitur MotoGP di Yamaha R1 lainnya ada di fairing. Seluruh fairing dibuat dengan bahan karbon fiber yang ringan dan kuat. Sistem aerodinamisnya dihitung matang yang membuatnya 8 % lebih baik dari R1 model biasa. Sistem elektronik juga dibuat lengkap dan modern. Bahkan, R1M ini sudah include dengan Yamaha Y-Trac yang bisa mengkoneksikan motor dengan smartphone. Jadi, segala macam informasi motor ini di sirkuit bisa dipantau lewat telepon genggam. Lebih lengkapnya, bisa lihat video ulasan Josh Hayes, empat kali juara AMA Superbike di sini.  (www.motorplus-online.com)

Fitur Yamaha YZF-R1M:

- Comot teknologi MotoGP dan Superbike
- Hanya dijual 500 unit
- Mesin inline 4 silinder 1000 cc
- Crossplane crankshaft
- Setang seher titanium
- System elektronik M1
- Bodi 8 % lebih aerodinamis dari R1
- Sasis alumunium dan magnesium subframe
- Bodi karbon fiber
- Tangki alumunium lebih ringan 3,5 pound
- Pelek berbahan magnesium
- Wheel base 10 mm lebih pendek
- Inertial Measure Unit (IMU)
- Quick Shift System
- Lunch Control System
- Slide Control System
- Lift Control System
- Variable Traction Control
- Suspension Control Unit
- Unified Breaking System
- Anti Lock Breaking System
- Yamaha Y-TRAC

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular