Waktunya Pasang Jok Kulit Kasar Di Musim Hujan

Motorplus - Rabu, 11 November 2015 | 09:19 WIB

Pasti kesel deh waktu lagi asyik-asyik nyemplak, eh turun hujan lebat. Praktis langsung pakai rainsuit biar nggak kehujanan. Bukannya nggak mensyukuri hujan sebagai nikmat dari Sang Pencipta alam semesta, namun bahan rain coat itu biasanya nggak match sama bahan pelapis jok standar. Makanya, pakai jok kulit kasar di musim hujan

“Kala hujan, jok jadi suka terasa licin waktu kita pakai jas hujan,” tutur bro Edwin Giofani, warga Harapan Jaya, Bekasi Utara, Jawa Barat. Terutama waktu motor ngerem. “Bokong rasanya merosot melulu kayak nggak nempel dijok,” imbuh pria yang berkantor di kawasan Sunter, Jakarta Utara ini.

Sebenarnya pihak pabrikan pastinya sudah mendesain komposisi bahan jok tiap motor. Tapi, bagusnya pakai jok kulit kasar di musim hujan. “Jok itu didesain untuk kenyamanan dan keamanan pengendara, baik ketebalan maupun bahan pelapis jok sudah disesuaikan dengan iklim tropis Indonesia dan untuk karakter pengendara di Indonesia,” ujar Ucok, kepala bengkel resmi Honda Tunas Dwipa Matra di bilangan Jatibening, Bekasi, Jawa Barat.

“Bahan yang sedikit kasar pada kulit jok dapat mengurangi efek licin dari gesekan bahan raincoat ke jok,” tambah pria asli Surabaya, Jawa Timur ini. Pria penyemplak Suzuki Skydrive lansiran 2009 ini juga menyarankan sebaiknya sobat lebih memilih bahan semi sintetik ketimbang bahan kanvas.

“Bahan kanvas memang lebih kasar dan keset dibandingkan dengan semi sintetik. Hanya saja kalau sudah kena air, lebih sulit kering. Sebab, air suka terjebak di pori-pori kasar pada bahan ini,” lanjutnya.

Hal yang sama juga disarankan oleh Arief selaku pihak Sales Coordinator dari PT Polystar Internasional selaku perusahaan yang memproduksi bahan pelapis jok merek MBtech. Arief setuju pakai jok kulit kasar di musim hujan. “Bisa pilih bahan dengan tipe Camaro maupun Camaro Fiesta yang punya permukaan agak kasar, namun tetap nyaman saat diduduki,” tambahnya.

Asyiknya, ternyata trik ganti kulit jok ini juga diterapkan pada motor besutan adventure. Seperti yang dilakukan oleh Egi ST, modifikator dari Arkan Modified di Bintara, Bekasi Selatan. “Buat adventure off-road, jok kulit dengan bahan semi sintetis lebih nyaman buat basah-basahan hingga kena tanah sekalipun,” tutup Egi. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular