Sakura Diana Alfitamara Bengkel Spesialis Water Transfer Printing

Motorplus - Rabu, 17 Juni 2015 | 05:50 WIB

Yudi Aconk dan Yudi Teletubies beda genre. Yudi life member KZ 200 Karawang berbasis Binter Merzy, sedang Yudi skuteris. Uniknya, keduanya cari alternatif pengecatan yang nggak biasa di bawah bendera Sakura Diana Alfitamara (SDA), bengkel cat di Jl. Raya Klari, Karawang Timur. Pengecatan dengan teknik water transfer printing. Sederhananya  Sakura Diana Alfitamara bengkel spesialis water transfer printing.

Sakura Diana Alfitamara bengkel spesialis water transfer printing punya channel yang memasok bahan-bahan dari Jawa Tengah. ”Pemasok pertama itu membeli barang import dari Jepang, pola berbentuk lembaran, cairan berikut cairan kimianya. Ada puluhan pola yang tersedia,” jelas Aconk lagi.

Teknik water transfer printing atau teknik cat dicelup ke air  terbilang unik. Mereka memperagakan di batok lampu dan cangkang spido Binter Merzy. “Kita pilih motif kayu buat demo,” jelas mereka lagi. Simpel! Ada 5 tahap pengerjaan untuk hasilkan karya seni ini. Pertama, media yang mau digarap didempul dulu agar permukaan halus. Setelah itu dicat dasar alias epoxy.

Pengerjaan inti Sakura Diana Alfitamara bengkel spesialis water transfer printing pun dilakukan. Lembaran printing khusus diukur sesuai ukuran media yang bakal digarap. Setelah ukuran beres, lembaran diambangkan ke air sebagai media. ”Nah siapkan obat khusus yang dimasukkan ke media cat semprot. Perlahan dan harus pas takarannya, semprotkan obat tadi ke lembaran yang  ngambang di air dan celupkan media itu,” jelas Yudi. Obat yang disemprotkan itu membuat printing dan media menyatu kuat. Sisanya akan menjadi gel dan larut di dalam air. Beres itu keringkan dan pernis.

Transfer printing ini terbuka halus dan kuat. “Bisa dilakukan di media apa saja asal bak dan lembarannya cukup. Bisa di tangki, blok mesin, cover heat knalpot, batok lampu dan lainnya. Motif beragam, alur kayu, tengkorak, corak-corak centil atau pola macho untuk motor-motor choppers. Hitungannya, Rp 150 per cm persegi. Untuk tangki misalnya, ada di kisaran Rp 600 ribu,” jelas mereka lagi.

Tertarik metode ini, silakan gaspol ke Karawang Timur tempat mereka ngendon. Supaya praktis boleh telepon dulu ke bro Aconk di 085643009774. Oakley bro! (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular