Byson Kali Ini Injeksi Plus Didukung Teknologi Blue Core

Motorplus - Sabtu, 7 Maret 2015 | 11:50 WIB

Informasi bakal hadirnya Yamaha Byson bermesin injeksi semakin jelas. Setelah beberapa spy shoot bermunculan di dunia maya, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mulai angkat bicara. Tapi, ngomongnya masih malu-malu, mirip ABG yang lagi kasmaran. Heheheepeace ah..ah..ahh. Byson kali ini injeksi plus didukung teknologi blue core

“Semua motor yang masih pakai karburator sudah harus pakai injeksi sebelum bulan Agustus. Malah, sepertinya sebelum lebaran sudah kita ubah jadi injeksi semua,” ucap Mohammad Masykur, Assistant GM Marketing YIMM.

Nah, dari pernyataan itu kita dapat simpulkan kalau Byson termasuk di dalamnya. Menariknya lagi, di India sebenarnya Byson kali ini injeksi plus didukung teknologi blue core. Di sana, dijual dengan nama Yamaha FZ-S FI. Banyak ubahan yang dilakukan Yamaha di Byson bermesin injeksi ini. Paling utama tentu di sektor mesin.

Kapasitas Byson kali ini injeksi plus didukung teknologi blue core mesinnya juga sedikit lebih kecil dari Byson yang dijual di Indonesia. Byson injeksi India punya kapasitas mesin 149 cc dengan perbandingan bore 57,3 mm X stroke 57,9 mm. Sedangkan Byson yang saat ini dijual di Indonesia, punya kapasitas mesin 153 cc dengan bore 58 mm X stroke 57,9 mm.

“Kalau mesin biasanya ada penyesuaian sebelum masuk Indonesia. Tapi, itu juga tidak banyak. Cuma disesuaikan saja dengan peraturan yang berlaku untuk di sini. Jadi, secara garis besar mesinnya enggak jauh beda,” tambah Slamet Kasianom, Instruktur Yamaha Technical Academy YIMM.

Soal desain juga ada beberapa penyesuaian. Di bagian depan, desain headlamp beda dibanding pendahulunya. Byson injeksi dibenamkan headlamp yang lebih sporty dengan lekukan tajam. Selain itu, di atas headlamp kini dipasangkan penutup panel indikator yang sepintas tampak seperti windshield. Model panel indikator juga terlihat lebih modern dan disematkan Eco Indicator.

Di bagian bodi, airscoop di bawah tangki juga terlihat beda. Awalnya, bagian ini hanya berbentuk kotak memanjang ke bawah. Sekarang, desainnya dibuat sedikit lebih manis dengan bentuk membulat disertai satu lubang kecil untuk menangkap angin.

Perbedaan yang paling tampak antara Byson injeksi dengan model karbunya ada di model jok. Byson injeksi di India menggunakan jok model split alias terpisah antara depan dan belakang. Berbeda dengan pendahulunya yang masih menggunakan model jok single.

Kita tunggu saja penampakan Byson injeksi di Indonesia yang siap muncul tidak lama lagi. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular