Modifikasi Bajaj Pulsar Aliran Wrenchmonkees

Motorplus - Sabtu, 21 Maret 2015 | 11:50 WIB

Bajaj Pulsar 200 dilahirkan di India, tapi malah durhaka dan lupa diri. Ogah menjunjung cita rasa India, malah modifikasi Bajaj Pulsar aliran Wrenchmonkees. Wrenchmonkees rumah modifikasi yang berpusat di Copenhagen, Denmark. Kenapa bisa gitu?

“Soalnya ciri khas rumah modifikasi Wrenchmonkees terbilang simpel. Minim ubahan, namun terlihat pangling. Paling utama, part original masih banyak digunakan. Tapi tampang India harus hilang,” bilang Joegi Herdiawan, modifikator Graha Motor Work (GMW) di Jl. Dermaga Raya No. 3, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Untuk bikin modifikasi Bajaj Pulsar aliran Wrenchmonkees, bodi dan pelek bernuansa naked bike diperetelin semua. Menyisakan sasis dan kaki-kaki saja. Mulai dari tangki, jok, pelek dilungsurkan dan part pendukung bikinan GMW. Konsepnya, bikin motor gacoan café to café alias café racer. “Terserah mau dibikin seperti apa yang penting keren,” pasrah Tegar Herawan, owner Pulsar yang tergabung di klub Built Rider. Tuh kan dibikin durhaka mau saja! Asal jangan durhaka kepada orang tua ya!

Tanpa bikin baru penyimpan bahan bakar, tangki comot kepunyaan Honda GL Pro yang dikustom ulang. Bagian bawah dari depan ke belakang dipotong lalu ditambal pakai plat besi tebal 1 mm. Dibikin lurus dari depan ke belakang, dilas menggunakan las karbit. Lalu, bagian belakang dibikin dekok pakai palu karet biar terlihat beda. Sepatbor belakang dan box aki, dibikin dari pelat besi 0,8 mm.

Bokong belakang harus rela kena potong jadi unsur modifikasi Bajaj Pulsar aliran Wrenchmonkees. “Rangka ini dibabat sekitar 4-5 cm. Lalu, dibuatkan sasis baru dari pipa seamless diameter 3/4 inci. Menyambungkan seamless ke sasis asli, dengan cara disok lalu dilas menggunakan las listrik supaya kuat,” terang pria brewokan itu. Setelah jadi, giliran bikin tatakan jok. Tulang penyangga bokong ini, terbuat dari pelat besi 1,2 mm habis itu dibalut busa dan kulit dari MB-Tech.

Masih pertahakan sok depan belakang bawaan Pulsar 200. Hanya saja, di bagian tromol pakai lansiran Yamaha Scorpio. Pasalnya, supaya bisa dicaploki pelek model jari-jari. Tempuh jalur ini, bagian as dan bushing wajib disesuaikan agar aman menggelinding. Untuk peleknya, depan pakai DID 2.50X17 dan belakang Baros 3.50X17. Pelek ini, dicat bernuansa cream supaya terlihat lebih resik. (www.motorplus-online.com)

Data modifikasi :

Spion     : Variasi

Sein      : Variasi

Knalpot   : Custom

Cakram depan : Yamaha Scorpio Z

GMW : 0812-9899-8686

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular