Bikin Honda C70 Pakai Injeksi

Motorplus - Sabtu, 14 Maret 2015 | 11:25 WIB

Setelah sukses dengan Honda CS1 yang berbasis injeksi, HKU Racing Motorsport yang berlokasi di Jl. Raya Kebonsari 26, Surabaya kembali bikin motor karbu jadi injeksi. Kali ini bikin Honda C70 pakai injeksi.

Berbeda dengan CS1 yang tinggal plug n play satu paket Honda CBR150, bikin Honda C70 pakai injeksi perangkat dan partnya menggunakan milik Honda BeAT. Komponen injeksi dari BeAT untuk C70 terdiri dari throtle bodi, injektor, fuel pump, magnet, ECU dan kabel bodi.

Berikut nih bikin Honda C70 pakai injeksi yang menghabiskan dana sekitar Rp 3 jutaan.

1. Throtle bodi

Perangkat manifol untuk bikin Honda C70 pakai injeksi  terkendala di lubang yang menancap di silinder head. Maklum, head masih menggunakan milik C70. Solusi bikin Honda C70 pakai injeksi untuk bagian ini musti membuatkan lubang baru supaya bisa terpasang di bagian head.

“Selain itu perangkat seperti choke dan kabel gas mengaplikasi milik Honda Verza, cari yang lebih pendek karena punya BeAT terlalu panjang,” bilang Hermanu otak dari injeksi C70.

 2. Fuel pump

Keberadaan fuel pump dibikin menyerupai BeAT yang ditanam di dalam tangki. Pemasangannya musti melubangi tangki dengan ukuran fuel pump. Sistem kerjanya dibikin persis BeAT lantaran tangki berada di bagian atas.

3. Magnet

Bikin Honda C70 pakai injeksi  untuk bagian magnet nggak sepenuhnya pakai milik BeAT. Yang dipakai hanya magnet bagian luar, “Bagian tengahnya tetap pakai punya C70 kan bisa dibuka, sama saja kok itu enaknya aplikasi sesama Honda,” terang pria yang suka cornering di Kenjeran.

4. Pulser

Penempatan pulser BeAT jadi kendala. Makanya posisinya musti dirubah untuk menyesuaikan top dari magnet, dan topnya tepat di bagian atas magnet.

“Musti merubah bak kalter kiri untuk penempatan pulser, jika tidak pulser nggak dapat ruang. Jadi dibikin dari las diral,” tambah pria yang bisa dihubungi di nomor 081230095466.

5. Kabel bodi

Supaya perangkat kelistrikan lebih bagus pengaplikasian kabel bodi langsung milik Honda BeAT juga tinggal pasang. Hanya saja musti memotong kabel alias diperpendak menyesuaikan dimensi panjang Honda C70.

Enaknya lagi C70 masih menggunakan analog bukan sistem digital, jadi nggak perlu mencari satu persatu kabel untuk spido dan lain-lain.

6. Sensor oli

Part yang satu ini diganti resistor. Tujuannya supaya ECU membaca mesin dalam kondisi dingin. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular