Modifikasi Yamaha RX-Z Jadi Honda XL

Motorplus - Rabu, 18 Maret 2015 | 05:38 WIB

Ceritanya, Yayat pemilik Yamaha RX-Z lawas ini nemu sebongkah tangki Honda XL. Bukannya disimpan, justru dipasang pada sasis RX-Z. Soalnya, doi kepincut tampilan klasik aroma motorcross lawas. Dibantu Tarko dari Starco Motor, Purwokerto, untuk mewujudkannya. Hasilnya modifikasi Yamaha RX-Z jadi Honda XL

“Ubahan sasis bergaya campuran Yamaha DT dan Honda XL, ditambah beberapa ornamen penunjang agar terlihat makin vintage,” cuap Tarko dari garasinya di Jl. Raya Sumbang Km. 1, Sumbang, Purwokerto, Jawa Tengah.

Konstruksi sasis depan masih standar, cuma dibuatkan footstep model motocross agar enak dipakai riding kala adventure. Desain rangka modifikasi Yamaha RX-Z jadi Honda XL disesuaikan tubuh Yayat yang tinggi besar, sehingga memudahkan adventure yang banyak naik-turun kaki. Untuk sub frame belakang dibuat kokoh dengan pipa setengah inci, terutama dudukan sokbkeker atas. Termasuk swing arm dibuat klasik dari pipa yang dicustom model Yamaha DT jadul.

Modifikasi Yamaha RX-Z jadi Honda XL juga merembet ke mesin. Sektor tenaga disegarkan dengan pemakaian silinder kop Yamaha YZ model belimbing. Otomatis squish disesuaikan jeroan RX-Z. Sehingga tenaga tetap ngisi atas dan bawah khas adventure. Tak lupa, porting masing-masing 2 mm agar makin ngacir. Makanya tenaga konstan, apalagi saluran buang pakai model udang khas motocross yang mampu mengail torsi maksimal. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban depan          : Kenda 80/100-21

Ban belakang       : Kenda 100/100-18

Pelek depan-blk    : Expedition

Sok depan          : Kawasaki KLX 150

Sok belakang       : Gazi

Arm                : Custom

Knalpot            : Custom

Setang             : Yamaha YZ 85

Stqarko Motor      : 0812-2786-263

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular