Mengenal Guna Dan Jenis GPS Untuk Bikers

Motorplus - Rabu, 18 Maret 2015 | 05:44 WIB

GPS singkatan dari Global Positioning System. Fungsi GPS membantu bikers untuk perjalanan jauh alias turing atau turing jarak dekat atau pun jarak jauh. Enggak tahunya, GPS tidak hanya berfungsi untuk menampilkan peta dan petunjuk arah saja. Yuk mengenal guna dan jenis GPS untuk bikers.

GPS Navigasi

Untuk mengenal guna dan jenis GPS untuk bikers, ada jenis GPS navigasi. GPS navigasi paling umum dan paling layak dipakai untuk bikers. GPS tipe ini ketika dinyalakan akan membuka peta digital yang menunjukan posisi di mana brother. Sobat bisa memasukan alamat atau nama daerah yang dicari. Sistem GPS akan mencarikan rute terbaik untuk ke lokasi tujuan.

Kebanyakan GPS navigasi keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan fitur suara yang akan mengarahkan berbelok atau lurus ketika sudah dekat dengan perempatan. Dengan fitur ini bro tidak perlu melihat ke perangkat GPS. Sobat cukup mendengarkan suara yang dikeluarkan dari perangkat GPS dan berkonsentrasi ngegas motor.

Untuk fitur suara kebanyakan merek GPS impor hanya bisa menggunakan suara berbahasa Inggris. Kalau ingin GPS dengan suara dan tampilan bahasa Indonesia maka bisa beli GPS merek lokal yang berkualitas baik dan harganya terjangkau, misalnya GPS navigasi Super Spring.

GPS Tracker

Lanjut mengenal guna dan jenis GPS untuk bikers untuk tipe kedua, GPS tracker. GPS tracker atau sering juga disebut sebagai alat pelacak yang dipasang di motor dengan tujuan bukan untuk mencari arah, tapi untuk menambah keamanan kendaraan bermotor.

Cara kerja dari GPS tracker adalah ketika GPS dipasang pada kendaraan, receiver GPS akan mulai mendapatkan sinyal koordinat posisi kendaraan. Setiap sekitar 30 detik sekali, GPS tracker akan mengirimkan koordinat lokasi kendaraan ke server pelacak dengan memakai jaringan GSM atau GPRS.

Data koordinat yang telah dikumpulkan kemudian akan diproses ke dalam peta digital yang memperlihatkan rute perjalanan kendaraan. Peta digital tersebut dapat diakses melalui website tracker yang telah ditentukan oleh produsen GPS tracker.

Selain untuk memantau lokasi di mana kendaraan berada, GPS tracker juga dapat digunakan untuk mematikan mesin kendaraan dari jauh dan menyadap suara dalam kabin. Cukup mengirimkan SMS atau menggunakan aplikasi pada smartphone Anda, mesin kendaraan yang berada jauh dari Anda bisa langsung mati. Untuk fitur sadap suara, Anda dapat mendengar rekaman pembicaraan dalam kabin mobil dan menjadikan rekaman tersebut sebagai barang bukti apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain untuk keamanan kendaraan, GPS tracker juga dipakai oleh banyak kendaraan operasional perusahaan untuk mengetahui efisiensi dan jadwal secara lebih detail dan jelas. Cerita unik dari salah satu pelanggan GPS tracker Super Spring yaitu bisa digunakan untuk melihat apakah pacar berselingkuh atau tidak. Wah, bikers selingkuhnya ama motor yang digas. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular