Alasan Motor Balap Liar Tidak Pakai Rem Belakang

Motorplus - Kamis, 19 Maret 2015 | 07:00 WIB

Mungkin yang sering nonton balap liar sering melihat motor yang jalan tanpa adanya rem belakang. Tentu ini sangat berbahaya bagi penunggang dan orang di sekitarnya. Apalagi, motor-motor ini sejatinya dipakai sebagai pacuan berkecepatan tinggi. Jadi penasarang apa alasan motor balap liar tidak pakai rem belakang.

"Alasan motor balap liar tidak pakai rem belakang yang pertama untuk mengurangi gesekan. Dengan begitu, diharapkan roda bisa berputar lebih lancar. Alasan lainnya, agar tuas rem tidak terinjak saat rider berdiri jinjit pada footstep. Sering juga joki menginjak tuas rem belakang secara tidak sengaja. Tanpa disadari juga kecepatan motor menjadi sedikit berkurang," ucap Ali, joki balap lurus yang cukup beken di wilayah Cibinong, Bogor, Jawa Barat.

Meski begitu, Ali juga mengatakan pengaruh dicopotnya rem belakang tidak terlalu terasa meningkatkan performa motor. Malah, saat kondisi hujan banyak joki yang memanfaatkan rem belakang untuk mengurangi roda belakang yang sprint saat lepas start. Makanya, dua alasan motor balap liar tidak pakai rem belakang itu sebenarnya tidak terlalu berguna. Ada baiknya tetap dipasang dan pindah ke balap resmi agar jauh lebih aman. Iya kan! (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular