Alasan Motor Bebek Kurang Diminati

Motorplus - Selasa, 28 April 2015 | 20:30 WIB

Menarik melihat pergeseran trend pasar sepeda motor di tanah air dalam beberapa tahun terakhir. Motor jenis bebek yang dulu sangat diminati, akhir-akhir ini malah merosot penjualannya. Hadirnya motor matik bisa dibilang jadi biang keladi. Banyak kelebihan motor jenis matik yang tidak dimiliki oleh motor bebek. Meski demikian, tentu ada alasan motor bebek kurang diminati akhir-akhir ini. Biar enggak penasaran, yuk kita komparasi apa saja alasan motor bebek kurang diminati belakangan ini.

1. Kurang Praktis. Motor bebek dianggap kurang praktis oleh sebagian bikers. Apalagi, untuk bikers yang setiap hari melintasi jalur perkotaan yang macet. Kebanyakan memilih beralih ke jenis matik. Motor matik dianggap lebih praktis karena penggunanya tidak dituntut untuk melakukan perpindahan gigi selama berkendara. Tinggal tarik gas dan rem saja, simpel dan praktis.

2. Desain Monoton. Desain motor bebek yang monoton menjadi salah satu pemicu sepinya peminat motor jenis ini. Maklum, beberapa tahun kebelakang memang produsen sepeda motor di Indonesia lebih konsen ke jenis matik. Hampir setiap tahun ada jenis motor matik baru yang dihadirkan. Berbanding terbalik kondisinya dengan motor jenis bebek yang desainnya itu-itu saja sepanjang tahun. Pilihan konsumen menjadi lebih terbatas.

3. Minim Bagasi. Tidak dapat dipungkiri, bagasi menjadi bagian yang diperhitungkan konsumen dalam membeli motor. Motor jenis bebek minim fitur bagasi. Beda dengan motor matik yang menawarkan bagasi yang luas. Setidaknya, pengguna motor bebek akan kesulitan untuk menempatkan jas hujan di motornya. Beda dengan pengguna motor matik yang punya bagasi cukup luas di bawah joknya.

4. Bagian Kaki Tidak Terlindungi. Bagian footstep motor bebek yang terbuka cukup jadi masalah bagi sebagian orang saat musim hujan. Footstep motor bebek yang terbuka membuat kaki atau sepatu mudah kotor terkena cipratan air. Beda dengan motor matik. Dek yang luas dan tertutup cover bodi membuat perlindungan ke bagian kaki. Otomatis, bagian kaki pengguna matik lebih aman dari kotoran ketika musim hujan tiba.

5. Iritnya Hampir Sama. Salah satu daya tarik motor jenis bebek dibanding matik adalah keiritannya. Namun, seiring perkembangan teknologi, konsumsi BBM motor matik sudah hampir sama dengan motor bebek. Hal ini juga mengurangi nilai lebih dari motor jenis bebek. Dan ikut berkontribusi atas kurang diminatinya motor jenis bebek akhir-akhir ini.

Itulah tadi lima alasan motor bebek kurang diminati akhir-akhir ini. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular