Modifikasi Yamaha Mio Buat Adventure

Motorplus - Kamis, 16 Juli 2015 | 15:36 WIB

Bagindo Togar adalah sosok ayah yang baik dan sangat sayang kepada anak perempuannya yang bernama Putri Puan. “Bagi saya anak adalah anugrah terindah Tuhan YME, dan itu harus disyukuri dan disayang. Makanya untuk dia, saya bikinin mainan,” buka Togar yang modifikasi Yamaha Mio Soul buat adventure sebagai mainan anak perempuannya.

“Kalau boneka Barbie sih terlalu mainstream bro. Harus yang unmainstream dong. Makanya gue bikinin modifikasi Yamaha Mio Soul buat adventure,” tukasnya penuh semangat. Kebetulan anaknya yang bernama Putri Puan ini suka banget dengan dunia garuk tanah. “Tapi, sayang dia males oper gigi, hehehe..,” tambah sang bapak.

Dikarenakan di sekitaran wilayah Jl. Teuku Umar Kamang Iwak Kecik, Palembang, Sumatera Selatan ini belum ada modifikator yang dapat memodifikasi skubek jadi trail, maka proses modifikasi pun dilakukan di Jakarta. “Motor dikirim langsung dari Palembang ke bengkel, minta digarap khusus buat anaknya,” terang Hidayat alias Acky, punggawa Optima Motor, Pondok Bambu, Jakarta Timur yang kebagian ngegarap motor ini.

BODI

Bodi standar Mio Soul apabila dijadikan trail tentunya akan kurang cocok. “Bodi Mio Soul kan labih bongsor dari Mio biasa,” komentar Acky. Maka bodi standar Mio Soul ditukar dengan bodi Mio biasa. “Biar lebih ramping dan terlihat pas aja,” tukas Acky lagi.

MESIN & CVT

Guna keperluan masuk-keluar kebun sawit dan main adventure, dapur pacu juga ikutan diupgrade. “Biar lebih eces (gampang; red) dibawa anak saya main tanah,” sahut Togar. Alhasil, trik bore up dilakukan dengan menggunakan piston 54 mm lansiran Kawahara Racing.

Selain itu, porting-polish turut dilakukan agar suplai udara jadi lebih lancar. Klep yang pakai ukuran in 22 mm dan ex 18 mm sukses ditonjok noken as dengan label yang sama alias Kawahara Racing dengan piston berdurasi 265°.

Agar nanjak makin enteng, maka sektor CVT juga dilakukan ubahan. Antara lain dengan pemakaian roller dengan ukuran 6 gram rata. Selain itu, girboks bawaan Yamaha Mio dilengserkan. Gantinya, dipasang girboks Yamaha Nouvo yang lebih ringan. “Dengan ukuran gigi primer 12 dan sekunder 43 diyakini lebih kuat buat melibas tanjakan,” yakin Acky yang modifikasi Yamaha Mio Soul buat adventure. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI :

Pelek Depan   : OEM Jupiter Z

Pelek Belakang : OEM Mio

Karburator    : OEM Mio PJ : 40 & MJ : 115

Knalpot       : ER 22

Optima Motor  : 0812-8714-7714

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular