Honda Tiger Pakai Sasis Triumph Daytona

Motorplus - Sabtu, 16 Mei 2015 | 12:41 WIB

Keluarga Minor Fighter selalu menghadirkan ide radikal, agar tampilan street fighternya terlihat sangar. Mulai dari adopsi kaki-kaki moge, bodi kustom, buntut buntung dan setelan brandal alias bandit. Rumah modifikasi Din’S Bikes salah satunya. Mereka coba tularkan virus baru lewat comot sasis moge langka. Seperti dipraktekkan pada Honda Tiger Revo milik Ferry Widayanto. Honda Tiger pakai sasis Triumph Daytona T575 era 90-an.

“Lumayan bikin pusing, saat gabungkan mesin Tiger dengan sasis Triumph Daytona. Pasalnya, dimensi mesin Tiger kecil dan Daytona lumayan besar. Frame ini enggak bisa dilas, karena berbahan aluminium. Tapi tenang, masih ada triknya kok,” canda Anas Choerudin, modifikator Din’s Bikes di Jl. Kolonel Sugiono, No. 24, Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Bukan hanya sasisnya yang bikin keren, pemilihan kaki-kaki dan bodi kustomnya pun terlihat proporsional. Yuk, kita tengok Honda Tiger pakai sasis Triumph Daytona!

GABUNGKAN SASIS DAN MESIN PAKAI 48 BUSHING

Sasis Triumph Daytona, terbuat dari aluminium. Bahan ini, enggak bisa dilas. Untuk menggabungkan sasis dengan mesin Tiger, Din’s Bikes bikin sasis di dalam sasis yang digabungkan dengan sasis Daytona menggunakan sistem bushing atau bosh. Terhitung, ada 48 bosh supaya terpasang pas. Sasis penopang mesin, terbuat dari bahan pelat besi tebal 0,6 mm. Lalu, buntut belakang dibikin baru pakai pipa besi 3/4 inci.

SWINGARM DUCATI S4R DAN PELEK MV AGUSTA F4

Kebetulan, saat kawinkan swing arm Ducati Monster S4R dan pelek MV Agusta F4, enggak ada ubahan. Pasalnya, Pitch Circle Diameter (PCD) keduanya sama. Untuk ajrutan belakang, masih menggunakan kosonom atawa monosok Monster S4R. Dengan menggunakan pelek MV Agusta, otomatis posisi center gir depan belakang jadi lebih geser ke kiri. “As gir depan, dibikin lebih panjang. Total panjangnya, sekitar 10 cm,” bilang Udin, panggilan Anas Choerudin.

TANGKI DIBIKIN MIRIP KAWASAKI NINJA 250R

Tangki dibikin mengikuti lekuk Kawasaki Ninja 250R. “Memang pakai mal-malan tangki original Ninja 250R. Hanya saja, bisa menampung lebih banyak. Sekitar 12 liter bisa dilahap,” tunjuknya. Lampu depan memang terlihat kecil, tapi kalau malam sangat terang, karena dikawal lampu model projektor. Untuk bagian bodi yang lain, desainnya bikinan Din’s Bikes. Finishing touchnya dilapisi cat berwarna biru candy dari Spies Hecker.

Patut kasih jempol Honda Tiger pakai sasis Triumph Daytona. (www.motorplus-online.com)

Data Modifikasi

Upside down : Suzuki GSX-R600

Setang : Expedition

Spion : Black Diamond

Knalpot : Akravopic

Din’s Bikes : 0812-2818-8273

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular