Kupas Tuntas Istilah Ester Dan Double Ester Di Oli

Motorplus - Minggu, 31 Mei 2015 | 05:33 WIB

Sebetulnya teknologi ester dan double ester telah lebih dulu hadir di oli pesawat. Pasti bro n sist pernah dengar juga istilah ini di oli motor? Tapi, makna dari kata tadi sebagian belum tahu kan? Supaya lebih paham kita kupas tuntas istilah ester dan double ester di oli.

Kupas tuntas istilah ester dan double ester di oli harus diawal dari mana oli berasal. Bermula dari minyak mentah yang disedot dari perut bumi, diproses sedemikian rupa hingga jadi base oil. Dari base oil, kembali diproses agar kandungannya lebih bersih dan ikatannya lebih bagus. Setelah fase ini selesai, jadilah group 2 atau semi sintetik (hydrocrack) base oil.

“Kemudian group 2 diproses lagi jadi group 3, yang kita kenal dengan sintetik atau fully synthetic. Dilanjut prosesnya, dan jadilah group 4 atau PAO (poly alpha olefins). PAO ini sudah termasuk murni bahan kimia. Pase PAO digabungkan dengan group 3 (fully synthetic), menghasilkan oli dengan performa dan perlindungan lebih baik dibanding hanya fully synthetic,” terang Chriswandy Widjaja, Marketing Manager PT Pasific Lubritama Indonesia, selaku produsen United Oil.

Setelah PAO, ada lagi bahan kimia lain yang biasa disebut group 5. Inilah yang dipanggil ester. Bahan kimia satu ini, memiliki 0% shear loss atau memiliki tingkat keausan 0% pula. Sehingga, bila mesin diberikan oli yang mengandung ester, akan memiliki tingkat keausan yang minim, life time yang jauh lebih lama dan peningkatan performa yang bagus dibanding menggunakan full sitetik.

Nah.., kemudian hadir kembali teknologi baru dengan ngaran ‘100% Full Synthetic-Double Ester’. Hmm.. Apalagi ini sob? “Teknologi double ester, meningkatkan ikatan asam dari kimia properties yang ada di aditif oil jadi lebih kuat. Dengan memperkuat ikatan kimia tadi, double ester bakal lebih bagus dibanding ester. Sehingga memiliki tingkat proteksi yang lebih baik dan life time-nya juga jauh lebih lama,” terang Chris.

Merek United Oil, juga punya oli dengan teknologi double ester. Yaitu United 171 Series, hanya saja belum dijual di Indonesia. Sedangkan, oli double ester yang sudah beredar di Indonesia ada Motul 300V. Intinya dengan teknologi double ester, meningkatan kemampuan oli supaya bisa melindungi dan mendukung mesin bekerja secara masimal, namun menjaga malfungsi mesin dengan minim. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular