Tips Upgrade Angkat Power Yamaha Jupiter MX-King Dengan Kem Yamaha V-ixion

Motorplus - Kamis, 21 Mei 2015 | 07:30 WIB

Upgrade tenaga Yamaha Jupiter MX 150 atau MX King 150 lagi rame di kalangan komunitas. Nih dia tips upgrade angkat power Yamaha Jupiter MX-King dengan kem Yamaha V-ixion. Banyak yang meyakini penggunaan kem V-ixion bisa mengangkat tenaga MX King cukup signifikan. 

Tips upgrade angkat power Yamaha Jupiter MX-King dengan kem Yamaha V-ixion pun punya alasan teknisnya. "Basis mesin memang sama persis dengan V-ixion. Tapi, durasi kemnya berbeda. Durasi kem NVL 268o untuk klep in dan ex. Sedangkan MX King 150 hanya 260O, untuk bagian in dan ex-nya. Bukan cuma durasi kem MX King 150 yang lebih rendah 8O. Tapi, tinggi lift klepnya juga berbeda,” tukas Dirdhana, Education & Technical Publication Manager PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Rincinya, kem NVL bagian in membuka 29O sebelum titik mati atas (TMA) dan menutup 59o setelah titik mati bawah (TMB). Sedangkan klep ex membuka 59o sebelum TMB dan menutup 29o setelah TMA. Tinggi angkatan klep atau liftnya untuk in 7,59 mm dan ex 7,58 mm. Sementara MX King 150 yang durasinya lebih rendah buka tutup klep in diset 27o-53o dan ex 56o-24o. Lift in-nya 6,97 mm dan ex 6,77 mm. Buat LSA, keduanya sama-sama 105O.

Nah, sekarang udah tau detail durasi kem kedua motor. Coba dikomparasi ke tenaga mesin yang diklaim pabrikan. Mesin NVL diklaim punya power maksimal 16,36 hp /8.500 rpm dengan torsi maksimal 14,5 Nm /7.500 rpm. Sedangkan Jupiter MX 150 atau MX King 150 diklaim punya power 15,15 hp /8.500 rpm dengan torsi maksimal 13,8 Nm /7.000 rpm. Berarti NVL punya keunggulan power 1,21 hp dan torsi 0,7 Nm. Pertanyaannya, apakah bisa MX King menyaingi power dan torsi NVL hanya dengan gunakan kem MX King?

“Dengan durasi kem yang lebih tinggi 8o sudah pasti ada peningkatan tenaga. Logikanya, klep masuk NVL terbuka lebih cepat dan berdurasi lama. Sedangkan klep buang dibuat terbuka lebih lambat dan menutup lebih cepat. Efeknya tenaga mesin meningkat dan bagus diputaran atas. Tapi, buat angka pasti peningkatan tenaganya susah buat dikira-kira. Harus dites langsung,” ucap Herman Lo alias Ahon, mekanik bengkel Surya Motor Sport (SMS) yang punya spesialisasi di bagian kem.

Kalau dilihat secara tekniknya, berarti benar kalau tenaga MX King 150 bisa meningkat saat gunakan kem NVL. Namun, untuk kenaikan angka tenaga dan torsi harus dites terlebih dahulu. Tunggu aja hasil tes yang akan MOTOR Plus lakukan di atas mesin dyno. Sabar yak! (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular