Rahasia Korekan Yamaha Jupiter MX 135LC Fun Race

Motorplus - Kamis, 23 Juli 2015 | 10:56 WIB

Padatnya event fun race yang diadakan di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat, membuat semangat para mekanik untuk unjuk gigi di ajang ini semakin besar. Seperti pacuan balap yang digarap Pauzan alias Jantuk, punggawa dari ABJ 13 RRT. Doi mau kasih tau nih rahasia korekan Yamaha Jupiter MX 135LC buat fun race.

Maklum aja kalau Jantuk mau sesumbar soal rahasia korekan Yamaha Jupiter MX 135LC fun race-nya. Kuda besi balap yang ditunggangi Hendra Axo ini berhasil mendapatkan podium 1 pada gelaran D-Event kelas One Make Race (OMR) MX Pembalap, pada 26 April 2015 yang diadakan di Sirkuit Sentul kecil. Lalu, di event Indonesia Track Day Series (ITS) kelas 150 cc 4-tak pada 3 Mei 2015 di Sirkuit Sentul gede. Dahsyat enggak tuh, bor?

KAPASITAS SILINDER

Rahasia korekan Yamaha Jupiter MX 135LC fun race yang pertama pakai piston berukuran 62 mm. Jika dihitung, kapasitas silindernya jadi 177 cc. Dengan kepala piston flat tanpa dome, jarak mendem dari bibir blok saat piston TMA dikasih 0,5 mm. Ketika diburet, didapat rasio kompresi mesin sebesar 12,2 : 1, cocok nenggak Pertamax Plus.

HEAD SILINDER

Untuk mengimbangi kapasitas silinder yang membengkak, klep in dan ex diganti dengan ukuran 22 mm untuk klep in dan 19 mm untuk klep ex. Untuk kem, dikustom dengan durasi 280° dibagian in dan exnya. “Hitungannya, kem in membuka di 65° BTDC (sebelum TMA) dan menutup di 35° ABDC (setelah TMB). Kem ex-nya membuka 35° BBDC (sebelum TMB) dan menutup di 65° ATDC (setelah TMA). Sedangkan LSA-nya, berada di 103°,” bilang Jantuk.

PENGAPIAN

Otak pengapiannya, menggunakan CDI Racing dari BRT I-Max 24 step guna mengimbangi bobot magnet yang telah dibuang 500 gram. “Supaya lebih gesit ketika balap, dan biar bisa lebih ngacir lagi,” beber Jantuk yang bengkelnya bermarkas di Jl. Lingkar Duren Sawit, Komplek PTB blok L, Jakarta Timur. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular