Panduan Bikin Yamaha X-Ride Untuk Balapan Fun Race

Motorplus - Selasa, 9 Juni 2015 | 12:49 WIB

Jika sobat EM-Plus melihat skubek yang satu ini, pasti sudah tidak asing lagi. Yap, soalnya pernah mejeng di cover akhir tahun lalu, ketika jadi The Best of The Best Yamaha Cuzztomatic 6. Waduh... Sekarang kok jadi motor balap nih? Mau tahu panduan bikin Yamaha X-Ride untuk balapan fun race!?

Pada gelaran fun race D-Event seri 2 di Sirkuit Gokart Sentul, Jawa Barat, bulal lalu (26/4), motor yang digas oleh Ketut Rully Fauzian ini berhasil menduduki podium kedua di kelas Matik Knalpot Standar. “Regulasinya mesin bebas, yang penting knalpot masih perawan bawaan pabrik. Walaupun satu-satunya matik injeksi yang turun, alhamdulillah masih bisa fight dan naik podium,” ucap Bachtiar Kemal Harahap dari LDGarage TBK Racing Team. Penasaran kan sama jeroan mesinnya? Yuk, kita bongkar bro!

Nih panduan bikin Yamaha X-Ride untuk balapan fun race.

HEAD DAN SILINDER

Panduan bikin Yamaha X-Ride untuk balapan fun race dengan seher Hi Speed berdiameter 58,5 mm. Untuk mengimbangi kapasitas mesin yang naik, noken as pakai buatan CLD tipe C2. Hitungan durasinya 265, dipercaya bisa membuat power motor lebih bertenaga di putaran atas. Sedangkan rasio kompresi mesin dibikin 11,7:1.

THROTTLE BODY

Standarnya lubang throttle body (TB) X-Ride 24 mm, digedein atau direamer sebanyak 2 mm, diameter menjadi 26 mm. Injectornya comot milik Yamaha New V-ixion yang mampu membuat pengkabutan jadi lebih deras dan maksimal. Bahan bakarnya pakai Total 95.

PIGGYBACK CUSTOM

Memanipulasi input tekanan intake manifold dan suhu udara yang masuk ke ECU, mengambil dari sensor udara utama atau disebut MAQS sensor. “Karena harga piggyback mahal, jadi mendingan gue coba riset dan bikin sendiri aja. Biayanya jauh banget dari harga piggyback yang banyak di pasaran,” tutur Kemal punggawa LDGarage yang bermakas di Jl. H. Sakub No.30, Juanda Depok, Jawa Barat.

KAKI-KAKI

Mengganti sektor kaki-kaki menggunakan suspensi depan dan belakang ukuran standar Yamaha Mio, supaya ground clearance menjadi lebih rendah. Suspensi depannya juga dimodifikasi, per sok diganjal roller agar rebound lebih enak. Joss deh tuh buat keluar masuk tikungan! (www.motorplus-online.com)

Data Modifikasi:

Ban depan : FDR Sport XR 90/80-17

Ban belakang  : FDR Sport XR 90/80-17

Sok belakang  : YSS

Master rem    : KTC

LDGarage  : 021-87714429

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular