27 Conk Frame & Speed Spesialis Rangka Trail

Motorplus - Rabu, 29 Juli 2015 | 11:40 WIB

Kelas campuran 155 cc di kejurnas Motorcross maupun grastrack, memang lagi banyak peminatnya. Bagi yang ingin punya pacuan garuk tanah dengan basis Kawasaki Ninja 150R, boleh tuh datangi 27 Conk Frame & Speed. 27 Conk Frame & Speed spesialis rangka trail yang kuat digeber di medan off-road. Soalnya, mereka lihai memainkan pipa besi untuk bikin rangka baru pada Ninja 150R.

“Enaknya pakai motor 2-tak ini, bisa lebih minim pengeluaran untuk mesin. Tapi, rangkanya harus diubah alias diperkuat, supaya bisa melahap table top,” bilang Acong Jefry, pemilik bengkel yang ada di kawasan desa Deyeng Kediri, Jawa Timur ini.

27 Conk Frame & Speed spesialis rangka trail mengandalkan pipa besi setebal 5 mm, dipakai khusus buat menggantikan sub frame saja. Sedangkan main frame masih mengandalkan bawaan pabrik yang sudah terjamin kekuatannya. “Untuk pembuatan frame Ninja 150R, biayanya sekitar Rp 5 jutaan. Itu belum termasuk bodi, kaki-kaki dan mesin bila ingin diganti atau dioprek juga,” terangnya lagi.

Beda urusan untuk bagian bodi dan kaki-kaki di 27 Conk Frame & Speed spesialis rangka trail, Acong mempercayakannya pada Samsul Huda, pembalap asal Jawa Timur. Kebanyakan yang sering dipakai adalah bodi dan kaki-kaki set milik Honda CRF 250, yang memang lagi laris di pasaran. "Setidaknya butuh Rp 35 jutaan kalau ingin terima beres. Meliputi rangka, kaki-kaki dan bodi. Untuk mesin, beda lagi budgetnya,” terang Samsul.

Pengerjaan rangka berikut bodi dan kaki-kaki, Acong dan Samsul kasih ancer-ancer memakan waktu sekitar sekitar 1 bulanan. Bila ingin sekalian mesin sendiri yang meliputi korek silinder blok, pengapian, knalpot dan karburator, “Pengerjaannya sekitar 2 mingguan. Biaya oprek mesin Rp 15 jutaan. Itu sudah termasuk part racing,” tambah Samsul.

Bahkan kalau mau engine swap pakai mesin CRF250, KTM, Husqvarna, Suzuki RMZ, ada juga. Tapi, biayanya lain lagi ya!

27 Conk Frame & Speed

Desa Deyeng No. 27, Ringin Rejo Kediri, Jawa Timur

Telp : 0812-3442671 /Pin BB. 268D2C3B

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular