Yamaha Vega R Drag Bisa Melesat 8 Detik Kecil

Motorplus - Jumat, 31 Juli 2015 | 06:59 WIB

Tunggangan dari tim Tunggal Abadi Motor (TAM) Pusaka Racing ini sudah menunjukkan kualitasnya. Terbukti di event drag bike beberapa waktu yang lalu di Purbalingga, Jawa Tengah, Yamaha Vega R drag bisa melesat 8 detik kecil bikin Bangkit, pemilik tim.

Dipacu oleh dragster asal Demak, Kiki Codet, Yamaha Vega R drag bisa melesat 8 detik kecil di kelas Bebek Tune up s/d 130 cc. Itu bukan prestasi yang kebetulan, karena di beberapa event drag bike di seputaran Jawa Tengah, Vega R andalan TAM ini konsisten dengan peraihan waktu tempuh tersebut. Otak dibalik kecangnya motor ini adalah Agus Tri Pamungkas, selaku tunner TAM di Jl. Kebun Raya 29, Jogjakarta.

SILINDER

Buat mendongkrak performa Yamaha Vega R drag bisa melesat 8 detik kecil, Agus membore up kapasitas mesin pakai piston Daytona berdiameter 55,25 mm. "Kapasitas mesinnya jadi 129,5 cc, masih cukup aman untuk dipacu di kelas Bebek Tune up 130 cc," beber mekanik yang punya nama sapaan Kikiek ini.

KLEP & NOKEN AS

Guna memancing asupan gas deras ke ruang bakar Yamaha Vega R drag bisa melesat 8 detik kecil, saluran masuh sudah pasti diporting polish. Begitu juga exhaust port, digedein dikit agar aliran gas buang lancar. Ditambah, klep diganti yang bediemeter payung besar keluaran BRT. Katup isapnya pakai 28 mm. Sedang katup buangnya 24 mm.

Tak cuma itu, profil noken as yang menggerakkan klep juga diseting ulang. Durasi buka-tutupnya dibikin 276° pada bagian in maupun ex. Dengan rincian klep in membuka di 35° sebelum TMA dan menutup di 61° setelah TMB. Sebaliknya, klep ex membuka di 61° sebelum TMB dan menutup di 35° setelah TMA. Lalu, tinggi angkatan klep alias lift dibuat 9,3 mm (in/ex), dengan Lobe Separatinon Angle (LSA) menyentuh angka 103°.

KARBURATOR

Untuk komponen pengabut bahan bakar, dipercayakan pada Keihin PWK yang diyakini mampu memasok bahan bakar secara optimal ke ruang bakar sesuai dengan tingkat kecepatan. Namun pakai karbu ini, pemilihan main jet dan pilot jetnya harus tepat, agar tenaga yang dihasilkan maksimal. “Pilot jet dipilih ukuran 72, sedang main jet yang mensuplai putaran atas dipasangkan ukuran 118,” jelas mekanik yang sebelumnya lebih dikenal di balapan road race ini.

PENGAPIAN

Komponen sistem pengapian juga memegang peran yang sangat vital dalam menentukan kualitas pembakaran. “Untuk manajemen pengapiannya dipercayakan pada CDI Rextor Pro Drag,” jelas mekanik yang menggunakan bahan bakar bensol untuk pacuannya.

RASIO TRANSMISI

Agar akslerasi cepat di tengah ke atas, rasio transmisi diset ulang. Gigi I dibikin 13/33, gigi II = 16/29, gigi III = 18/25 dan gigi IV = 20/23 mata. “Sementara final gearnya pakai kombinasi 13/34 mata. Meski tarikan awalnya agak berat, tapi putaran atasnya dapat,” tutupnya. (www.motorplus-online.com)

Data Modifikasi

Piston        : Daytona

Klep          : BRT

CDI           : Rextor

Karburator    : Keihin PWK

Knalpot       : Creampie

TAM Pusaka Racing  : 0813-3220-2029

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular