Galloping Goose Motorcycle Club Pencetus 1% Yang Pendirinya Pembalap Amerika

Motorplus - Selasa, 27 Oktober 2015 | 11:16 WIB

Bisa jadi geng 1%-ters ini agak asing di telinga para two wheeler tahan air. Namun senioritas Galloping Goose Motorcycle Club jangan diragukan. Galloping Goose Motorcycle Club sudah eksis memanaskan aspal Amerika sejak 1942. Sebelum jadi klub motor aliran outlaws (di luar hukum) mereka ini tim balap di zamannya. He..he,, mirip-mirip kisah XTC atau Moonraker yang awalnya tim balap di sirkuit.

Awal lahir di Los Angeles California. Walau sudah wara-wiri sejak 1942, mereka baru resmi pada 1946. Setelah itu perkembangan mereka pesat dan menyebar  keluar wilayah Selatan California tempat mereka berasal. GGMC mulai membuka chapter di Illinois, Missouri, Montana, Indiana, Wyoming, Kansas, Mississippi, Louisiana  dan Florida.

Member Galloping Goose Motorcycle Club banyak berasal dari sebuah event berjuluk Hollister Rally tahun 1947.  Sampeyan pasti ngeh dengan momen ini. Yap, Hollister adalah tempat cikal bakal lahirnya istilah 1 percenters (1%) dan mengispirasi film keren berjuluk Wild Ones yang dibintangi Marlon Brando (1954).

Boleh deh cerita dikit soal moment ini.  Riungan bikers ini menimbulkan kericuhan saat salah satu  klub bernama Boozefighter MC bikin onar.  Klub ini  punya kedekatan erat dengan El Forasstero Motorcycle Club yang cukup punya nama saat itu.

Nah, American Motorcycle Association (AMA) melarang Boozefighter masuk ke riungan kecuali mereka melepaskan patch-nya. Dari sinilah muncul isitilah 1% sebagai golongan tukang kisruh dan bertolak belakang dari bikers baik-baik yang 99% itu.

Kembali  ke GMCC. Para life member klub ini rata-rata bernyali besar dan enggak segan-segan menyerang klub lain. Mereka tercatat pernah menyerang Pharaohs Motorcycle Club dalam perebutan wilayah. Antara 1980-an sampai 90-an mereka sering diberitakan terlibat aksi kekerasan. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular