Honda CRF 230 Gaya Vintage

Motorplus - Selasa, 6 Oktober 2015 | 05:00 WIB

Konsep trail bergaya klasik, jadi acuan Riski Wiatanto untuk modifikasi. Berbekal besutan Honda CRF 230, doi kasih order pada Ricky Atmaja, modifikator dari Ricky Motor (RM) di Banjarnegara, Jawa Tengah untuk bikin tampilan CFR 230 yang modern diubah jadi gaya kuno alias Honda CRF 230 gaya vintage.

Cara Honda CRF 230 gaya vintage cukup sederhana, tinggal pasang komponen bolt on untuk panel bodi. “Tapi harus bisa menyesuaikan komponen bodinya, agar tampilan tetap bagus. Tidak asal comot bodi agar nuansa vintagenya lebih kental terasa,” papar modifikator yang akrab disapa Ricky ini dari bengkelnya di Jl. Ki Jagapati No. 15, Krandegan, Banjarnegara, Jawa Tengah ini.

SASIS

Aplikasi modifikasi Honda CRF 230 gaya vintage tidak perlu ubahan pada sasis. Sebab, sasis asli sudah mumpuni. Tinggal dipakaikan baju sesuai selera. Jadi, sasis masih utuh sesuai bawaan pabrik. Hanya saja, perlu dudukan braket baru untuk bodi. Cukup ditambah pelat besi 3 mm yang disesuaikan dengan posisi panel bodi klasiknya.

KAKI-KAKI

Olahan kaki-kaki Honda CRF 230 gaya vintage juga sederhana. Hanya menyesuaikan komponen alas roda yang enak dipakai adventure. Ajrutan depan belakang termasuk lengan ayun juga asli bawaan pabrik. Hanya upgrade ban agar makin dalam mencakar tanah. Tak salah jika pilihan jatuh pada ban IRC ukuran 80/100-21 untuk roda depan dan IRC 100/100-18 pada roda buritan.

BODI

Nah untuk bodi, kesan Honda CRF 230 gaya vintage langsung terasa dengan pemakaian tangki Honda XL tahun 1977. Termasuk pilihan side panel berlabel UFO Vintage yang tampak kokoh pada bagian samping. Agar makin maksimal, gaya sepatbor lawas dengan dimensi besar jadi acuan. Tak salah jika Ricky pilih sepatbor depan-belakang produk UFO tipe Maico.

FINISHING

Tema khas Indonesia jadi pilihan untuk finishing, seperti tangki dan side panel dikasih rona merah Penta Supergloss garapan Irwan dari workshop WPM Banjarnegara. Sedangkan sepatbor depan-belakang masih asli warna putih buatan UFO. Makin menarik, kesan serba merah tampak pada karet pelindung sokbreker depan dan hand grip yang tampak kokoh pada setang Renthal. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI:

Ban depan          : IRC 80/100-21

Ban belakang       : IRC 100/100-18

Lampu depan        : UFO

Sepatbor           : UFO

Bodi               : UFO

Tangki             : Honda XL

Setang             : Renthal

RM                 : 0852-2745-8831

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular