Akali Tarikan Bawah Dengan Magnet Dari Gir Depan

Motorplus - Jumat, 23 Oktober 2015 | 12:30 WIB

Para mekanik di arena balap banyak putar otak untuk membuat motor korekannya menjadi lebih cepat. Salah satunya akali tarikan bawah dengan magnet dari gir depan. Maksudnya, magnet yang biasanya tertempel pada bagian mesin sebelah kiri diganti dengan gir depan. Tujuannya, agar bobot menjadi lebih enteng yang otomatis membuat kinerja mesin lebih cepat.

"Akali tarikan bawah dengan magnet dari gir depan sudah saya terapkan di Honda CB150 balap. Berat gir depan yang dialih fungsikan sebagai magnet ini cuma 200 gram. Ini untuk mengakali tenaga bawah CB150 yang sedikit tertinggal saat balapan dilintasan panjang. Kalau tenaga atasnya, bisa diakali dengan part lainnya," jelas Suhartanto alias Kupret mekanik Honda Kawahara Racing.

Prinsip kerjanya sama saja. Di magnet standar CB150R ada sembilan benjolan yang dibaca sensor. Di gir depan ini juga sama. Sobat bisa pakai gir depan yang punya 12 mata. Namun, tiga matanya dihilangkan. Jadi, yang terbaca sensor tetap 9 seperti standar CB 150R. Tinggal dekatkan sensor pulser ke gir depan yang dijadikan magnet.

Trik akali tarikan bawah dengan magnet dari gir depan ini mulai ramai digunakan mekanik top di balap nasional. Namun, aplikasi ini biasanya cuma bisa digunakan untuk balap. Sebab, sistem pengapiannya menjadi total loss. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular