Biar Dianggap Move On, Lima Peraturan MotoGP 2016 Yang Penting Untuk Diketahui

Motorplus - Kamis, 12 November 2015 | 20:35 WIB

Ini seperti kilas balik soal peraturan teknik yang akan digunakan MotoGP 2016. Sebelumnya, kan MOTOR Plus mengangkat artikel peraturan teknik yang akan digunakan MotoGP 2016 terpisah-pisah. Nah, artikel mengumpulkan lima peraturan MotoGP 2016 yang penting untuk diketahui.

 Di artikel kali ini dan dianggap move on akan diurutkan lima peraturan MotoGP 2016 yang penting untuk diketahui.

1.  Elektronik

Salah satu lima peraturan MotoGP 2016 yang penting untuk diketahui, ECU alias Electronic Control Unit. ECU tahun ini menggunakan Magneti Marelli. Software ECU Magneti Marelli yang wajib dipakai musim ini sudah lebih dulu digunakan sebelumnya oleh tim Suzuki dan motor-motor yang termasuk kategori Open. Honda, Yamaha, dan Ducati baru menggunakan pertama kali di tes pra musim kemarin (10-11/11).

Jika ada keinginan untuk perubahan atau penggantian software dari salah satu pabrikan Ducati, Honda, atau Yamaha, pihak Dorna harus mendapatkan kesepakatan dari tiga pabrikan itu sekaligus. Jadi, enggak bisa hanya salah satu pabrikan yang meminta perubahan perangkat lunak ECU bisa langsung diiyakan oleh Dorna.

2. Ban

MotoGP 2016 wajib menggunakan ban Michelin. Setelah tes dua hari ini di sirkuit Valencia, mayoritas rider puas dengan performa Michelin bagian depan.

3. Mesin

Setiap pembalap mendapatkan jatah tujuh mesin permusim. Jumlah maksimum penggunaan tujuh mesin juga berlaku untuk motor Open. Tahun sebelumnya pembalap yang menggunakan mesin prototipe atau Factory Team hanya dapat lima engine per tahun, sedangkan rider dengan motor Open sampai 12 mesin.

4. Bahan Bakar

Setiap motor dikasih batasan maksimal 22 liter dalam satu sesi per serinya.

5. Berat

Berat motor maksimum jadi 157 kg, musim sebelumnya 158 kg.

 

PENGECUALIAN

Ada pengecualian dari lima peraturan MotoGP 2016 yang penting untuk diketahui.

1. Suzuki, Aprilia, dan KTM (yang akan turun di MotoGP 2017) akan menikmati pengecualian peraturan teknik MotoGP 2016 dengan jatah bensin maksimal 24 liter, dapat jatah lebih ban saat babak kualifikasi, jatah 12 mesin untuk satu musim, dan diperbolehkan private tes untuk musim 2016.

2. Aturan 1 untuk pengecualian tim Suzuki/Aprilia/ KTM tidak akan berlaku kalau mendapatkan 3 poin. Dengan begitu, regulasi teknik Suzuki/Aprilia/KTM yang sudah dapat 3 poin akan mengikuti aturan teknik MotoGP 2016 yang diterapkan untuk Ducati, Yamaha, Honda, dan Open.  

Maksudnya 3 poin kalau pembalap Suzuki/Aprilia/KTM mendapatkan Juara 1 di salah satu seri. Hitungan poin untuk tiga pabrikan ini, Juara I dapat 3 poin, Juara II dapat 2 poin, dan Juara III dapat 1 poin.

 

Penulis : Motorplus
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular