Tips Supaya Aki Panjang Umur

Motorplus - Rabu, 9 Desember 2015 | 19:45 WIB

Fungsi dari aki motor sebagai sumber utama kelistrikkan, memang sangat vital. Terlebih lagi dengan besutan skubek, yang sering mengandalkan aki guna menyalakan starter elektrik. Namun yang perlu dipahami soal perawatan aki motor terutama untuk aki tipe basah. Tujuannya, supaya aki awet muda.

Beda dengan aki kering, yang terbilang mudah dalam merawatnya. Aki basah justru harus jeli dan sedikit ekstra hati-hati. Sebab, kinerjanya mengubah tenaga kimia berupa cairan, hingga menjadi kelistrikkan untuk menjalankan arus ketika menghidupkan motor.

Usia pemakaian aki basah di motor, idealnya sekitar dua tahun. Namun belakangan ini, sering terdengar kasus tentang umur yang singkat pada aki dengan jangka sekitar satu tahun. Makanya, simak tips singkat berikut supaya aki awet muda khususnya untuk tipe aki basah.

Saat isi air aki jangan sampai melebihi batas maksimal, atau tanda “upper” yang tertera di bagian sisi aki. “ Kalo sampai lebih, akan terjadi karat akibat kadar oksidasi yang tinggi antara besi di dalam aki.  Cairan aki yang mengandung H2SO4 itu bersifat asam. Lama-lama aki gak bakal awet, “ ujar Suhendi, juragan bengkel Perjuangan Motor (PJM), di Jl. Perjuangan No.70, Cirebon, Jawa Barat.

Harus sering mengecek batas maksimal air aki, jang sampai dibawah garis “lower”. Pasalnya kandungan H2SO4 itu tidak menguap, hanya air dan H2O saja yang berkurang. Kalau sampai kering, nantinya akan merusak sel aki akibat beroksidasi dengan udara. Hasilnya malah akan membuat rontok bagian besi dalam aki.

Pada aki basah, terdapat lubang ventilasi yang berfungsi untuk sirkulasi dan saluran pembuangan. Bagian ini jangan sampai tersumbat, atau posisi selangnya terjepit. Karena arus listrik yang dihasilkan akan menyebabkan panas. “ Akibatnya bisa fatal jika tersumbat. Karena arus yang terlalu kuat tanpa udara, aki tersebut bisa sampai meledak, “ jelas Koh Hendi, sapaan akrabnya.

Kemudian, jangan sampai terdapat banyak kerak pada bagian aki. Terutama di posisi baut antara kabel katubnya. Karena akan sulit dan menghambat jika dibuka. Jadi harus segera dibersihkan. Caranya juga mudah kok, bagian baut tersebut cukup disiram dengan air panas agar kerak cepat luntur dan baut dengan mudah bisa dibuka.

Setelah terbuka, jangan lupa olesi kedua baut dengan gemuk yang bersifat seperti gel dan anti karat pada bagian ulirnya supaya mudah dibuka kembali saat dilakukan pengisian air aki. Nah, dengan tips supaya aki awet muda  ini sobat juga bisa ngirit karena enggak perlu rajin-rajin beli aki.. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular