Cara Kerja Lean Angle Sensor

Motorplus - Minggu, 13 Desember 2015 | 06:33 WIB

Pernah gak ngalamin motor terjatuh, trus mesinnya meraung-raung dan motor kayak masih mau lari? Kini pabrikan motor melengkapi sensor kala motor terjatuh pada line up motor injeksi mereka. Kalau di Honda, namanya Bank Angel Sensor (BAS). Sedang Yamaha kasih julukan Lean Angel Sensor (LAS). Di Suzuki manggilnya Tip Over Sensor (TOS). Mau tahu cara kerja Lean Angle Sensor?

“Semua motor sport Yamaha sudah pakai sensor itu, kecuali matik,” bilang Slamet Kasianom, Instruktur Yamaha Technical Academy PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Cara kerja Lean Angle Sensor, yakni memutus arus yang terhubung ke fuel pump ketika sensor membaca kemiringan motor mencapai derajat tertentu. “Rata-rata sih pada kemiringan 65° ke atas. Kecuali R25, pakai 55°,” lanjutnya.

Sementara cara kerja Lean Angle Sensor di Honda dan Suzuki, umumnya mulai bekerja di kemiringan 60° ke atas. Tapi, tentunya kemiringan segitu terjadi saat bandul yang ada dalam sensor tak mengalami gaya pental. Gaya pental ini akan muncul ketika motor dalam kondisi manuver. Jadi, meski ente nikungnya miring sampai rebah lebih dari 60° (tapi kayaknya gak mungkin segitu deh, hehe..), mesin tak akan mati karena masih ada gaya pental tadi. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular