Cukup Setting Gir Honda CB 150R HRC Wahyu Widodo Jadi Raja Sirkuit Kemayoran

Motorplus - Rabu, 16 Desember 2015 | 11:00 WIB

Racer sekawakan Wahyu Widodo, bisa sabet kampiun meski spek motor masih banyak yang pakai komponen standar. Itu terjadi dalam seri pamungkas Honda Racing Championship yang dihelat di sirkuit JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (29/11) lalu. Buktinya, meski setingan motor tidak banyak berubah sejak seri sebelumnya di Malang, Jawa Timur, Honda CB 150R HRC Wahyu Widodo tetap bisa melesat terdepan.

“Dari seri Malang lalu, kami rasa setingan motor sudah pas, tak perlu diubah lagi. Bahkan rasio transmisi masih standar pabrik. Kami cuma naikin satu mata di final gear. Biar lari motor bisa enteng di Kemayoran,” ucap Suhartanto Alias Kupret, mekanik kondang yang garap Honda CB 150R HRC Wahyu Widodo Wahyu dari tim Honda Kawahara Racing IRC-KYT.

SILINDER & KOMPRESI

Durabilty mesin selalu jadi konsen mekanik yang garap Honda CB 150R HRC Wahyu Widodo. Makanya di bagian ini, Kupret menggusur piston standar dengan piston Kawahara ukuran 63,5 mm yang sudah mengusung teknologi forging dan memiliki dome tinggi. Rasio kompresinya setelah pakai piston ini dan penyesuaian pada kubah head, ketemu di angka 12,4: 1 untuk minum Pertamax Plus.

HEAD

Buat mengail asupan gas deras ke ruang bakar, klep diganti pakai keluaran Kawahara juga, dengan diameter 26 mm untuk bagian in dan 22 mm untuk ex. Kemudian pengatur buka-tutup klep dicustom ulang durasinya jadi 253°, baik in dan ex. Rinciannya, klep in membuka di 18° sebelum TMA dan menutup 55° setelah TMB. Sementara ex-nya membuka 48° sebelum TMB dan menutup 25° setelah TMA. Sedang lift klep (in dan ex) dibentang sejauh 9 mm.

ECU & DOBEL INJEKTOR

ECU sebagai otak sistem injeksi dan pengapian motor, dipercayakan pada merek aRacer RC1. Debit fuel dikoreksi sampai didapat AFR di angka 12 : 1. Sebelumnya, throttle body standar direamer venturinya dari 30 mm jadi 32 mm agar debit udara yang masuk jadi lebih banyak.

Lalu untuk mengakail agar asupan bensin gak tekor di putaran tinggi, Kupret mengaplikasi double injektor di TB. Kedua inejektor standar CB150R itu dipasang secara paralel. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban depan: IRC Fasti 90/80-17

Ban belakang: IRC Fasti 110/70 - 17

Sok depan: Showa

Sok belakang: Kawahara

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular