Gokil Banget Nih Honda GL-Pro Neotech Dibikin Jadi Dua Silinder V-Engine

Motorplus - Selasa, 29 Desember 2015 | 07:40 WIB

M. Yusuf Adib Mustofa dari Semangat Putra Motor (SPM), Purwokerto (Jawa Tengah) doyan cuztomized engine. Kali ini gokil banget nih Honda GL-Pro Neotech dibikin jadi dua silinder V-engine. Modalnya dua blok silinder Yamaha V-ixion. Wadow Honda GL-Pro Neotech dibikin jadi dua silinder V-engine!

Selain mesin nyentrik, ubahan bodi terkesan kalem. Sesuai pesan Eno Ruge, pemilik semplakan ini. Agar menonjolkan detail dari mesin hingga bodi. Maklum doi seniman Purwokerto yang bermukim di Jakarta. Yukz, bedah ubahan Honda GL-Pro Neotech dibikin jadi dua silinder V-engine!

BALANCER

Rancangan Honda GL-Pro Neotech dibikin jadi dua silinder V-engine oleh Yusuf merangkai sistem kerja mesin yang dimulai pada setang piston dan bandul kruk as. “Bandul kanan kiri pakai punya Honda Tiger sekaligus setangnya. Ditambah balancer pada bagian tengah di antara dua setang piston agar putaran mesin stabil,” papar Yusuf yang tengah finishing mesin 5 silinder radial handmade ini.

CRANKCASE

Setelah merangkai setang piston baru, Yusuf meracik crankcase dengan cor aluminium untuk Honda GL-Pro Neotech dibikin jadi dua silinder V-engine. Karter bawaan Neotech dibuat dua lubang atas dan depan. Sebagai dudukan blok silinder baru. Makanya Yusuf mudah memasang boring dan silinder head yang comot dari V-ixion. Penyesuaian jalur oli jadi prioritas, termasuk water jacket pada sistem water cooled-nya.

RADIATOR NINJA 150 RR

Kapasitas mesin bengkak meski masih memakai piston standar V-ixion berdiameter 58 mm, namun Yusuf main stroke. Sehingga kapasitas kena 335 cc dari kalkulasi 2 silinder. Pengapian dibuat DC dengan 2 pickup pulser dua biji termasuk sepasang CDI dan koilnya. Pendingin mesin, comot radiator Ninja 150 RR dengan kapasitas lebih besar agar anti overheat.

BODI CUSTOM

Racikan mesin gambot nempel pada sasis custom Honda GL-Pro Neotech yang dibikin jadi dua silinder V-engine. Olahan bodi mengejar gaya scrambler klasik. Ubahan sasis tentu berubah seperti down tube dan dudukan mesin. Karena mesinnya lebih besar. Tampilan tangki sederhana namun terlihat selaras dengan ubahan buntut belakang simpel.

KAKI-KAKI

Sedangkan kaki-kaki, pede memakai produk lokal. “Seperti sok depan Kawasaki D-Tracker dan sok belakang Kayaba yang dicustom sendiri. Untuk swing arm custom ulang dengan pipa yang saya bikin sederhana,” cuap modifikator di Jl. Taman Kendalisada No. 1, Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI:

Ban depan     : Swallow 3.00-18

Ban belakang  : Swallow 3.00-18

Pelek depan   : Custom 3.00X17

Pelek belakang : Custom 3.00X17

Sok depan     : Kawasaki D-Tracker

Sok belakang  : Kayaba

Lampu depan   : Variasi

Swing arm     : Custom

SPM           : 0857-4706-4611

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular