Model Ruang Bakar Hemispherical Cocok Untuk Klep Besar

Motorplus - Sabtu, 2 Januari 2016 | 14:03 WIB

Membahas macam-macam ruang bakar, ada model ruang bakar hemispherical yang cocok untuk klep besar. Model ruang bakar ini bisa dibilang juga ruang bakar model dome. Model ini bentuknya seperti setengah lingkaran. Jika dilihat bentuknya cekung sederhana. Di motor balap, biasanya terpaksa dipakai karena menggunakan diameter payung klep besar.

“Efek dari ruang bakar hemispherical, kompresi cenderung jadi turun. Tapi, bisa diakali dengan piston jenong. Sehingga, ruang bakar menjadi kembali sempit dan kompresi menjulang tinggi,” kata Tomy Huang, bos BRT yang bilang model ruang bakar hemispherical cocok untuk klep besar.

Piston jenongnya sendiri bisa dibentuk mengikuti pola ruang bakar hemispherical. Namun, perlu dihitung matang juga rasio kompresi yang dipatok. Jangan asal tinggi. Sebab, kalau terlalu besar bisa menurunkan tenaga. Apalagi kalau tidak diimbangi bensin beroktan tinggi dan timing pengapian yang pas.

Jadi, kalau mau bore up motor dengan kapasitas besar, bisa coba model ruang bakar ini. Sebab, model ruang bakar hemispherical cocok untuk klep besar yang biasa diaplikasi motor berkapasitas besar. Ingat, pilih piston jenong agar kompresi bisa diatur sendiri. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular