Cara Pasang Thermometer di Yamaha NMAX

Motorplus - Selasa, 23 Februari 2016 | 06:13 WIB

Dari pabriknya, Yamaha NMAX dibekali engine temperature sensor. Bila mesin overheat, indicator lamp di kanan spidometer akan menyala, namun tidak ada angka yang ditampilkan. “Kalau mau pantau suhu mesin lewat angka, bisa pakai engine temperature sensor tambahan dari Koso,” bilang Benny Rachmawan dari Divisi Development TDR Tech Center sambil tunjukin cara pasang thermometer di Yamaha NMAX.

cara pasang thermometer di Yamaha NMAX yang dibanderol seharga Rp 277 ribu ini cukup mudah. Sebab, sobat cukup memanfaatkan engine temperature sensor yang ada di mesin sebelah kanan. “Buka terlebih dahulu bodi kanan, menggunakan kunci L-4 dan 8 klip cukup dengan cara ditekan. Lepas, lalu cari soket temperatur engine. Nanti di soket ini, kita sambungkan ke Koso,” bilang Dwi Hartono, Chief Mekanik TDR Tech Center.

Dari thermo indicator Koso itu, ada empat kabel. Cara pasang thermometer di Yamaha NMAX yang pertama, jumper dua kabel temperatur engine standar dengan clip yang sudah disediakan oleh Koso. “Di kabel engine temperature NMAX, enggak terpaku warna kabel jadi enggak masalah kalau ketuker,” jelas Dwi. Dilanjut, pasangkan ke aki, warna hitam ke kutub negatif (-) dan warna merah ke kutub positif (+).

“Kalau di mesin tanpa engine temperature sensor, harus dibikinkan dulu! Dari Kosonya, dikasih kepala sensor untuk motor tanpa engine temperature. Kita tinggal bikin lubang baut untuk menyematkan sensor tadi. Bisa di lubang oli atau ikut ke radiator,” tambah pria yang ngendon di Jl. Swadaya IV No. 9, Cakung, Jakarta Timur. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular