Mesin Yamaha Scorpio Berisik Cek Kondisi Klep

Motorplus - Senin, 29 Februari 2016 | 05:00 WIB

Reki Suhendra mekanik di bengkel L12 sering mendapat keluhan mesin berisik dari penunggang Yamaha Scorpio. Suara mesin berisik Yamaha Scorpio muncul dari head silinder. Uniknya, suara berisik yang muncul sedikit bias dan sulit dideteksi.

“Mirip suara rantai keteng yang mulai haus. Tapi, kalau didengar lebih teliti bukan dari rantai keteng. Ngilangin penasaran, ganti rantai keteng. Tapi, suaranya masih ada. Bukan di keteng ternyata sumber bunyinya,” curhat Reki yang bengkelnya di Jl. Abdul Wahab, Sawangan (Sebelah lapangan bola PSP), Depok, Jawa Barat.

Kata Reki lagi, kasus mesin berisik Yamaha Scorpio sering ditemuinya. Umumnya, mesin berisik Yamaha Scorpio di umur pemakaiannya sudah di atas 5 tahun. Buat ngilangin penasaran, head silinder dibongkar untuk diperiksa part-nya satu persatu. Setelah teliti, akhirnya ketemu akar masalahnya.

“Ternyata sumber masalah ada di klep. Batang klep yang biasa ditonjok pelatuk aus seperti membuat lubang. Karena muncul jarak, jadi muncul suara berisik itu. Aneh juga, biasanya kalau di motor lain klep yang tipis bukan batangnya,” tambah pria yang bengkelnya buka setiap hari.

Untuk mengatasi masalah, sudah pasti klep harus diganti. Sobat bisa beli klep di toko penjual spare part. Biasanya, klep Scorpio dijual sepasang in dan ex. Untuk masalah harga, satu set klep umumnya dilego kisaran harga Rp 185 ribu.

Selain payung klep, sobat juga harus mengecek kondisi baut setelan klep yang menempel di pelatuk klep. Sebab, bagian ini juga kerap aus. Kalau sudah aus bisa diganti sekalian. Harganya juga beragam, tergantung merek yang digunakan.

“Kalau di area payung klep memang jarang rusak atau bocor. Kalau skir saja tidak pernah terlalu lama. Cuma sebentar sudah klop dan tidak bocor. Itu karena per klep Scorpio yang keras,” tutup mekanik yang bisa ditanya di 0857-7874-7226. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular