Rahasia Yamaha MX King Juara Di Sentul Karting

Motorplus - Kamis, 3 Maret 2016 | 05:59 WIB

Yamaha MX King 150 dari ANR Motor ini sempat mejeng di MOTOR Plus beberapa edisi lalu dengan tampilan racing look. Namun kini benar-benar jadi motor racing. Eh, malah Yamaha MX King juara di Sentul Karting. “Awalnya iseng ikut fun race, eh, sekarang jadi diseriusin,” ungkap Alif Kurniawan, owner ANR Motor.

Yamaha MX King juara di Sentul Karting saat gelaran D Event awal Februari yang dipacu Ahmad Saugi untuk kelas 150 CC seeded. “Jadi pede sekarang. Ke depan dan mau coba ikut event resmi. Kalo bisa sih ikut kejurnas bila ada sponsor. Kita lihat nanti aja,” terang Alif

SILINDER. Rahasia Yamaha MX King juara di Sentul Karting untuk berlaga di ajang fun race, kapasitas mesin digedein pakai paket bore up UMA, berisi piston berdiameter 62 mm. Sehingga kapasitas mesin sekarang melonjak jadi 177 cc. Sementara kompresinya diseting di angka 13 : 1 untuk meminum Pertamax Plus.

Alif berani set kompresi segitu, karena sistem pendinginan mesin sudah pakai radiator. “Kalau nanti ikut kejurnas, pastinya kapasitas mesin disesuaikan regulasinya,” terang Alif.

HEAD. Selain melakukan porting polish, Alif jejali klep custom berukuran 20/23 mm (in/ex). Lalu durasi kem dirancang ulang jadi 268°, baik in maupun ex. “Tapi sorry nih, rincian buka tutupnya masih rahasia dapur, hehehe..,” bisiknya.

ECU. Sebagai otak dari mesin, Alif mengganti ECU bawaan pakai Pro ECU Daytona. Limiternya digeser di 12.000 rpm. “Untuk race kemarin, sang joki (Saugi) minta setingan fuelnya dibikin lebih rich. Sehingga air fuel ratio (AFR) diseting di angka 13 : 1,” terang Alif

THROTTLE BODY & INJEKTOR. Throttle body masih pakai bawaan pabrik. Namun biar debit udara bisa lebih deras, venturinya direamer lagi jadi 33 mm. Mengimbanginya, injektor diganti pakai keluaran BRT 8 hole, yang mampu menyemburkan BBM 150 cc/menit. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Knalpot            : R9 Titanium

Ban depan/belakang : FDR MP 57 90/80-17

Sokbreker belakang : Daytona D Sports

ANR Motor          : 0813-1123-8818

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular