Upgrade Performa Yamaha NMAX Bisa Tembus 14,59 DK

Motorplus - Sabtu, 12 Maret 2016 | 04:27 WIB

Henry Yulianto alias Nying-Nying, termasuk pria kreatif. Yamaha NMAX yang sejatinya motor matic dengan desain elegan buat riding sehari-hari dan turing, malah dibikin buat balap. Malah, performa Yamaha NMAX diupgrade sampai 14,59 dk. “Iseng, sekalian buat ngeramein balap matic aja,” kelitnya.

Upgrade performa Yamaha NMAX garapan pria yang mangkal di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan ini mampu menelurkan tenaga sebesar 14,59 dk dan torsi 12,91 Nm di 8.000 rpm. Hasil dari upgrade performa Yamaha NMAX terukur di atas mesin Dynojet 250i milik Duta Motor Sport di Jl. M. Hasibuan No 60, Bekasi Barat. “Tenaga segitu cukup buat main di Sentul kecil (sirkuit Karting Sentul, Bogor). Jadi, tunggu saja hasilnya,” ucap Nying-nying.

Yuk, langsung aja tengok apa saja upgrade performa Yamaha NMAX sampai bisa 14,59 dk!

BORE UP.  Bikin bengkak kapasitas dapur pacu NMAX, Nying-Nying aplikasikan piston berdiameter 64 mm. Bila digabungkan dengan stroke standar, terhitung volume silindernya kini jadi 188 cc. “Untuk kompresi, seting di angka 11,5 : 1 supaya masih aman untuk penggunaan harian juga,” paparnya.

PIGGYBACK. Ogah gonta-ganti ECU, punggawa EMMO Project ini lebih memilih mengaplikasikan Piggyback dan booster ignition berlabel Speed Spark untuk upgrade performa komponen kelistrikan Yamaha NMAX. “Setingnya lebih gampang dilakukan di atas mesin dyno. Penggunaan piggyback ini lebih untuk mengatur debit bensin lebih rich. Sementara booster igniton ini untuk memperbesar pengapian koil,” tambahnya.

KNALPOT CUSTOM. Untuk saluran gas buang, Nying-nying pakai bikinan sendiri berlabel EMMO Project. “Kemarin pakai aftermarket kurang sreg, tenaganya ngempos. Jadi, coba-coba riset sendiri. Diameter headernya dibikin pakai pipa berdiemeter 24 mm di leher knalpot, lalu 30 mm di tengah dan 38 mm menuju silencer,” jelasnya sambil bisikin harga Rp 800 ribu buat yang mau coba aplikasi knalpot bikinannya.

CVT. Di bagian ini gak terlalu banyak part yang diganti. “Cuma ganti per CVT pakai aftermarketnya Honda Vario 125 spek 1.500 RPM. Plus roller pakai yang buat Yamaha Xeon berbobot 8 gram rata,” jelasnya. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular