Penyebab Air Radiator Keluar Sendiri

Motorplus - Rabu, 23 Maret 2016 | 12:37 WIB

Brother yang pakai motor dengan mesin berpendingin air, pernah bermasalah tidak dengan sistem pendinginannya. Ada beberapa kasus air radiator keluar sendiri dari slang pembuangan di reservoir atau tabung air radiator cadangan. Tantu ada penyebab air radiator keluar sendiri dari slang pembuangan reservoir. Kabarnya, ini akibat suhu mesin yang kelewat tinggi.

"Penyebab air radiator keluar sendiri biasanya karena overheat atau panas berlebih pada mesin. Hal itu membuat air radiator menguap atau bahkan mendidih. Kalau terjadi penguapan otomatis akan ada tekanan udara besar di radiator dan tabung reservoir. Nah, tekanan itu yang mendorong air keluar dari slang pembuangan," jelas Freddy A Gautama, owner Ultraspeed Racing (USR) di Jl. Panjang, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Freddy juga menambahkan, kejadian seperti ini memang sering dikeluhkan pemilik motor berpendingin air. Namun, hal tersebut sebenarnya bukan masalah besar dan merupakan hal yang wajar. "Jangan diambil pusing, kalau air keluar dari slang pembuangan itu memang sudah seharusnya apalagi jika suhu mesin kelewat tinggi. Yang penting penyebab air radiator keluar sendiri harus jelas. Jika air yang keluar dari slang pembuangan banyak, jangan lupa tambahkan lagi air di reservoir. Biar kerja radiatornya tidak terganggu," tutup Freddy. (www.motorplus-online.com

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular