KTM 450 SX-F 2013 Dari Roland Sand Design

Motorplus - Jumat, 15 April 2016 | 08:17 WIB

Tren trail klasik ternyata bukan cuma lagi beken di Indonesia. Builder di luar negeri sana juga ikut bikin motor trail jadoel. Contohnya modifikator luar negeri dari Roland Sands Design (RSD), lebih pilih modifikasi trail kekinian bergaya jadul dengan bahan KTM 450 SX-F.

“Kita senang bisa membuat motor handal dengan teknologi yang serba modern jadi berpenampilan klasik. Bukan berarti kita tidak suka dengan tampilan motor trail modern. Tetapi, ada sesuatu yang besar tentang garis sederhana di motor-motor vintage,” beber Roland Sand, bos RSD di website resmi miliknya.

Totalitas RSD dalam menggarap enggak perlu dipertanyakan. Dengan basis motor KTM 450 SX-F yang punya mesin bertenaga besar, Roland Sand Design pede ubah total bagian bodi. Apa hubungannya tenaga besar dengan ubahan di bodi? Sangat berhubungan. Sebab, RSD mengganti seluruh bodi plastik bawaan motor dengan bodi dan tangki baru berbahan aluminium. Meski ringan, sudah pasti aluminium punya bobot yang lebih berat dibanding plastik. Jika tidak didukung mesin yang kuat, motor ini akan kurang bertenaga.

“Untuk bodi dan tangki kita buat sendiri pakai aluminium. Namun, untuk sepatbor kita tidak buat. Kita ambil dari Husqvarna keluaran 1974,” tambahnya.

Motor ini sendiri dibuat untuk menghormati Kurt Caselli yang meninggal saat berlaga di Tecate SCORE Baja 1000 di Baja, Meksiko tahun 2013 lalu. Makanya, soal finishing RSD memilih part-part yang disenangi oleh mendiang Caselli. Mulai dari desain setang, hand grip, footstep hingga handle rem dan kopling diambil langsung dari mekanik Caselli saat di KTM, Anthony Di Basilio.

“Kami membuat motor ini sambil membayangkan Kurt Caselli akan menyukainya. Hampir seluruh bagian di motor hand made yang dikombinasi dengan part aftermarket modern. Tujuan kami satu. Membuat orang bertanya-tanya apakah motor ini benar dari masa lalu?,” tutup builder yang bermarkas di Los Alamitos, California, Amerika Serikat. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular