Jenis Sok Belakang Double Action

Motorplus - Jumat, 29 April 2016 | 05:25 WIB

Ditarik dan didorong berat

Mengetes sok belakang tipe sok double action sama dengan single action. Per sokbreker lebih dulu dilepas. Coba dorong dan dan tarik as sokbreker. Pasti terasa berat baik ketika didorong atau ditarik. Itu artinya sok belakang jenis double action.  

Sok belakang double action meredam pada langkah memanjang dan langkah memendek (compression stroke). Langkah memendek terjadi ketika roda menginjak sesuatu yang menonjol seperti polisi tidur atawa gundukan. Pada bantingan suspensi dengan sokbreker tipe ini memang terasa keras. Namun di tikungan atau jalan bergelombang lebih stabil.

Oh ya, cara membedakan sokbreker tipe single action atau dual action juga sangat mudah. Pegang peredam kejut pada posisi vertikal. Lalu tekan dan tarik beberapa kali secara perlahan. Kemudian lakukan penekanan tiba-tiba. Bila merasa ada tahanan, berarti sokbreker itu berjenis double action.  Sebaliknya jika terasa ringan, berarti single action. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular