Yamaha YZF-R25 Tim Yamaha TJM Pakai Air Scoop Tambah 10 Km/jam

Motorplus - Jumat, 17 Juni 2016 | 06:16 WIB

Yamaha YZF-R25 yang digas MH. Zaki Adil bisa finish di urutan ke-3 Indospeed Race Series 2016 Putaran II (22/5) yang berlangsung sirkuit Sentul. Meski diurutan ketiga Yamaha R25 dari tim Yamaha Yamalube Nissin KYT Tunggal Jaya ini sukses curi perhatian. Enggak tahunya Yamaha R25 yang dikorek Hawadis, tunner papan atas Indonesia, kuncinya di airscoop.

Yamaha R25 dengan airscoop bisa tambah kecepatan. “Bikin top speed nambah sekitar 5-10 km/jam di trek lurus,” pamer Om Hawadis, tunner bengkel Tunggal Jaya Motor (TJM) ini.

Penggunaan air scoop di fairing Yamaha R25 agar dapat memangkas pemakaian velocity stack pada throttle body. Karena tugasnya hampir sama, mengarahkan udara menuju airbox filter, sehingga debitnya lebih deras. “Saat motor kecepatan tinggi, aliran udara semakin cepat pula masuk throttle body,” tukas om Hawadis yang asli wong Madura, Jawa Timur ini.

Oh ya, airscoop dipasang sebelah kiri motor dengan asumsi bodi sebelah kiri motor itu jarang tertutup oleh pembalap lain. Jadi, ketika pembalap melakukan slip stream, bisa memanfaatkan corong udara ini untuk memperoleh suplai udara yang lebih deras. Enggak heran bila Hawadis mengklaim bisa naik antara 5 sampai 10 km/jam di trek lurus. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular