Cegah Air Radiator Bocor Ke Ruang Bakar (Bagian 2)

Motorplus - Minggu, 10 Juli 2016 | 18:59 WIB

Indikasi ketika paking bocor, lanjut Atang, yaitu ketika motor digas dan tutup radiator dibuka, maka akan muncul gelembung-gelembung udara. “Kalau kebocoran paking headnya terlalu parah, air radiator akan menyembur keluar,” bilangnya sambil menjelaskan cegah air radiator bocor ke ruang bakar.

Mengakali itu, Atang menyarankan untuk ganti paking dengan bikinan sendiri atau kustom. “Paling aman pakai paking tembaga lembaran yang berwarna kuning,” sarannya pria asli Bandung, Jawa Barat yang baru hijrah ke Bali ini. Material ini cukup mudah didapat di toko besi. “Oh ya, cari yang tebalnya 0,5 mm ya,” wantinya.

Setelah itu, silakan bentuk paking sesuai dengan motif permukaan blok silinder dan head. Buat motor yang menganut silinder tunggal, sebelum melakukan pemasangan, usahakan bubut dulu bagian atas silindernya, dengan bagian liner di bibir silinder lebih menonjol 0,05 mm. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular